Prancis desak wartawan agar tidak melakukan perjalanan ke Suriah

Paris, SPNA - Kementerian Luar Negeri Prancis pada hari Jumat (16/03/2018) meminta organisasi media Prancis untuk tidak mengirim wartawan ke Suriah dan mendesak wartawan yang sudah ada ....

BY 4adminEdited Sat,17 Mar 2018,10:07 AM

Paris, SPNA - Kementerian Luar Negeri Prancis pada hari Jumat (16/03/2018) meminta organisasi media Prancis untuk tidak mengirim wartawan ke Suriah dan mendesak wartawan yang sudah ada di wilayah tersebut untuk segera kembali sehubungan eskalasi kekerasan, terutama di Ghouta Timur dan wilayah Afrin.

"Sehubungan dengan meningkatnya kekerasan di Suriah, khususnya, Ghouta Timur dan wilayah Afrin ... kami akan berterima kasih jika Anda akan membatalkan rencana untuk pergi ke negara ini atau mengirim reporter ke sana," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Agnes Von der Muhll dalam sebuah surat resmi yang dikirim ke anggota media di Prancis.

"Seperti yang Anda tahu, setiap perjalanan ke Suriah secara resmi dilarang dan wartawan Prancis yang masih berada di negara tersebut dihimbau untuk segera kembali," katanya.

Seruan Kementerian Luar Negeri Prancis terjadi beberapa jam setelah Kepala Staf Jenderal Prancis Francois Lecointre mengatakan bahwa Prancis memiliki sumber daya yang diperlukan untuk melakukan intervensi militer di Suriah secara independen atau dengan mitra Amerika-nya.

Presiden Emmanuel Macron mengatakan pada hari Senin bahwa negaranya akan siap untuk menyerang jika menemukan "bukti tak terbantahkan" bahwa senjata kimia telah digunakan untuk membunuh warga sipil di Suriah.

"Pada hari kami, terutama bersama-sama dengan mitra Amerika kami, memiliki bukti yang tak terbantahkan bahwa garis merah telah disilangkan - yaitu, penggunaan senjata kimia untuk efek mematikan - kami akan melakukan apa yang dilakukan orang Amerika lebih dari beberapa bulan lalu sekarang; kami akan menempatkan diri pada posisi untuk melanjutkan melumpuhkan target, "kata Macron saat berkunjung ke India.

Pekan lalu, sebuah komisi penyelidikan PBB mengeluarkan sebuah laporan yang menuduh rezim Suriah melakukan kejahatan perang di Ghouta Timur, daerah pinggiran Damaskus yang didukung oposisi, melalui penggunaan senjata kimia pada warga sipil, menyebabkan kelaparan massal, dan mencegah evakuasi medis.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir