Pembantaian 9 April 1948,100 Orang Lebih Rakyat Palestina Tewas

BY Rizky SyahputraEdited Wed,13 Apr 2016,11:23 AM

Pembantaian 9 April 1948,100 Orang Lebih Rakyat Palestina Tewas Oleh Extrimis Yahudi.

Gaza City (Suarapalestina). Mengungkap Fakta Sejarak, Pada tanggal 9 April 1948, lebih dari 100 Orang warga Palestina dari Yerusalem Desa Deir Yassin dibunuh oleh kelompok garis keras Yahudi Israel yaitu kelompok Yahudi Irgun dan Yahudi Stern.  Pembantaian terbukti menjadi momen penting dalam sejarah Palestina dan terjadi sebelum pencaplokan Negara Israel di Tanah Palestina.

Pada masa pendudukan Penjajah Yahudi, Deir Yassin adalah rumah bagi sekitar 700 Orang warga Palestina, banyak dari mereka bekerja sebagai penambang batu di desa. Sebagian besar korban pembantaian adalah perempuan, anak-anak dan para lansia.  Lebih dari 700.000 warga Palestina melarikan diri, atau dipindahkan secara paksa dari rumah mereka selama pembentukan negara Israel pada tahun 1948.

Setelah ditawan, banyak penduduk desa yang diarak melalui Kota Tua Yerusalem oleh kelompok garis keras tersebut untuk mempublikasikan secara luas  "kemenangan" mereka di Deir Yassin. Warga Palestina di desa lain,  seperti di Nakba dilaporkan melarikan diri setelah mendengar tentang pembantaian di Deir Yassin, mereka takut mengalami kekerasan serupa. 

Puluhan tahun kemudian, peristiwa ini tetap membekas dalan pikiran warga Palestina.

leave a reply
Posting terakhir