Liga Arab serukan PBB untuk selidiki penembakan demonstran Palestina

Cairo, SPNA - Dewan Liga Arab mendukung permintaan otoritas Palestina terhadap Pengadilan Internasional untuk melakukan penyelidikan terkait  kejahatan yang dilakukan tentara Israel ....

BY 4adminEdited Wed,04 Apr 2018,10:15 AM

Cairo, SPNA - Dewan Liga Arab mendukung permintaan otoritas Palestina terhadap Pengadilan Internasional untuk melakukan penyelidikan terkait  kejahatan yang dilakukan tentara Israel terhadap warga sipil yang melakukan demonstrasi damai Jumat lalu.

Dalam sidang darurat di bawah pimpinan Arab Saudi, Selasa (03/04/2018) Liga Arab menyerukan agar Pengadilan Internasional membentuk lembaga khusus guna melakukan penyelidikan serta menuntut pihak berwenang Israel agar mempertanggung jawabkan perbuatan mereka.

Mereka juga meminta DK PBB untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, serta menegakkan resolusi yang telah ditetapkan, terutama resolusi 904 dari 1994 dan 605  tahun 1987, Konvensi Jenewa IV, serta memberikan perlindungan  bagi rakyat Palestina.

Liga Arab juga mengecam kejahatan Israel yang jelas dan sistematis membunuh rakyat Palestina dalam peringatan Great March Of Return.

Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati ‘’Great March Of Return’’ untuk mengenang peristiwa pembunuhan 6 warga Palestina dalam aksi protes terhadap pengusiran warga dan pencaplokan wilayah Palestina 30 Maret 1976 silam.

Dalam peringatan Great March of Return Jum’at lalu, puluhan ribu warga Palestina yang tidak bersenjata berkumpul di perbatasan Gaza untuk menerobos perbatasan. Sementara itu sejumlah besar pasukan Israel telah siaga di perbatasan menembaki para demosntran secara membabi buta. Akibatnya 17 warga Palestina gugur sementara  1500 lainnya luka-luka.

Sebelumnya Sekjen PBB Antonio Guterres dan Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri, Federica Mogherini, Sabtu (31/03/2018) menyerukan lembaga internasional untuk melakukan penyelidikan independen terhadap tindakan kriminal pasukan Israel yang membunuh demonstran Palestina, Jum’at kemarin.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir