Warga London dan Chili kecam tindak kekerasan Israel terhadap demonstran di Jalur Gaza

London, SPNA -  Ratusan warga kota London, Sabtu (07/04/2018) menggelar aksi protes terhadap pembunuhan ....

BY 4adminEdited Sun,08 Apr 2018,10:24 AM

London, SPNA -  Ratusan warga kota London, Sabtu (07/04/2018) menggelar aksi protes terhadap pembunuhan demonstran Palestina oleh pasukan Israel dalam peringatan Great Jum’at Of Return.

Ratusan anggota komunitas Arab dan Inggris mengambil bagian dalam demonstrasi tersebut untuk  mendukung pemulangan warga Palestina ke tanah air mereka.

Warga berkumpul di Downing Street serta mengangkat slogan “Free Palestine”,  “Berhenti mempersenjatai Israel” serta “Hentikan serangan Israel ke Gaza”.

Sementara itu di Chili,  koalisi Frente Amplio de Chile, juga menggelar aksi protes mengecam tindak kekerasan Israel di Jalur Gaza sejak pekan lalu.

Gerakan politik yang memperoleh 20% suara dalam pemilu Presiden di Chili tersebut menyatakan mendukung penuh perjuangan rakyat Palestina sebagai dasar komitmen membela hak asasi manusia.

‘’Kami menyatakan kecaman keras kami atas tindakan pasukan pendudukan Israel sejak 30 Maret, serta mendukung penuh perjuangan pembebasan Palestina, ‘’ seperti dilansir Maannews.

Setiap tanggal 30 Maret warga Palestina memperingati ‘’Great March Of Return’’ untuk mengenang peristiwa pembunuhan 6 warga Palestina dalam aksi protes terhadap pengusiran warga dan pencaplokan wilayah Palestina 30 Maret 1976 silam.

Sebelumnya surat kabar Palestina Maannews, melaporkan bahwa 8 warga Palestina gugur dan 1400 lainnya luka-luka dalam demonstrasi lanjutan Great March Of Return, Jum’at (06/04/2018).

Dengan demikian total korban yang gugur sejak 30 Maret lalu mencapai 32 orang.

Sebelumnya Sekjen PBB Antonio Guterres dan Komisaris Tinggi Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri, Federica Mogherini, Sabtu (31/03/2018) menyerukan lembaga internasional untuk melakukan penyelidikan independen terhadap tindakan kriminal pasukan Israel yang membunuh demonstran Palestina. 

(T.RS/S:Maanews)

leave a reply
Posting terakhir