Menjual senjata ke Israel, pemerintah Inggris diminta pastikan penggunaannya

London, SPNA - Pemerintah Inggris harus memastikan bahwa senjata yang diberikannya kepada Israel dan hubungan perdagangan dengan ....

BY 4adminEdited Sat,21 Apr 2018,11:15 AM

London, SPNA - Pemerintah Inggris harus memastikan bahwa senjata yang diberikannya kepada Israel dan hubungan perdagangan dengan 'negara' tersebut tidak digunakan untuk mendukung tindakan melawan warga Palestina, anggota parlemen, anggota serikat pekerja, mantan menteri dan sejumlah besar tokoh terkenal mengungkapkan hal tersebut.

Dalam sebuah surat terbuka yang diterbitkan di surat kabar Guardian, mereka yang menandatangani mengatakan, "Diamnya perdana menteri dan menteri luar negeri atas pembunuhan terencana Israel sangat memekakkan telinga."

Para pejabat, yang termasuk anggota parlemen Eropa dan tokoh budaya dan politik, juga menyoroti bahwa sekitar 33 orang Palestina telah dibunuh oleh pasukan pendudukan Israel di Jalur Gaza yang terkepung selama tiga pekan terakhir sejak peluncuran "Great March of Return".

"Selain itu, pemerintah Inggris terus menyetujui ekspor senjata ke Israel meskipun pedomannya sendiri melarang penjualan senjata yang berisiko digunakan melanggar hukum internasional," lanjut surat tersebut.

Selain tokoh di atas, ketua Buruh Sahabat Palestina dan Timur Tengah, Grahame Morris MP, mantan menteri luar negeri untuk pembangunan internasional, Clare Short, anggota House of Lords, Jenny Tonge, juga menandatangani surat terbuka itu, dan menyatakan.

"Kami menyerukan kepada pemerintah untuk mengutuk tindakan Israel secara terbuka; untuk mendukung penyelidikan langsung PBB atas pembunuhan tersebut serta memastikan bahwa memastikan senjata, keuangan dan perdagangan Inggris tidak digunakan untuk mendukung tindakan melanggar hukum yang dilakukan Israel."

"Pemerintah Inggris harus memenuhi tanggung jawabnya untuk membuat Israel bertanggung jawab mengakhiri pengepungan ilegal Israel dan pendudukan militer atas Gaza, Yerusalem Timur dan Tepi Barat."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply