PM Rumania menolak mundur dari jabatannya dan bersikeras merelokasi kedubes Rumania ke Al-Quds

Rumania, SPNA - Perdana Menteri Rumania Viorica Dăncilă menegaskan tidak akan mengundurkan diri meskipun didesak Presiden Rumania, Klaus Iohannis.

BY 4adminEdited Sun,29 Apr 2018,10:15 AM

Rumania, SPNA - Perdana Menteri Rumania Viorica Dăncilă menegaskan tidak akan mengundurkan diri meskipun didesak Presiden Rumania, Klaus Iohannis.

Viorica Dăncilă dalam sebuah wawancara dengan staisun TV lokal, Sabtu (28/04/2018) mengatakan: “Saya tidak melihat alasan logis untuk mengundurkan diri, dan saya tidak bisa mengatakan bahwa tuntutan Presiden mempengaruhi niat saya. Tuntutan tersebut tidak punya arti dan mengundurkan diri dapat menghilangkan kepercayaan dari luar karena itu  saya tidak akan melakukannya.’’

Jumat lalu Presiden Rumania menuntut PM Dăncilă untuk mundur dengan alasan ‘’menyalahgunakan wewenang’’. Hal ini terjadi setelah Dăncilă berkunjung ke Israel serta melakukan kesepakatan rahasia dengan dengan Tel Aviv untuk merelokasi kedubes Rumania ke Al-Quds.

Iohannis menilai bahwa sikap PM Dăncilă adalah penyelewengan wewenang dimana sejumlah partai oposisi mengatakan siap mendukung tuntutan tersebut.

Sebelumnya, presiden Klaus Iohannis, mengatakan masih menunggu penjelasan  PM Dăncilă  terkait kunjungan tersebut. Dăncilă juga diharuskan bertemu dengan presiden kemarin namun Ia menolak hadir.

Pada Januari 2018, koalisi berkuasa Rumania, yang terdiri dari Partai Sosial Demokratik dan Aliansi Liberal dan Demokrat, mencalonkan Viorica Dăncilă sebagai perdana menteri.

Dăncilă menjadi perdana menteri ketiga serta wanita pertama yang memimpin pemerintahan Rumania.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir