Jepang tidak akan memindahkan kedutaan dari Tel Aviv ke Yerusalem

Ramallah, SPNA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Selasa (02/05/2018), mengatakan bahwa negaranya tidak memiliki rencana untuk memindahkan kedutaannya ....

BY 4adminEdited Wed,02 May 2018,10:36 AM

Ramallah, SPNA - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Selasa (02/05/2018), mengatakan bahwa negaranya tidak memiliki rencana untuk memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem, menurut kantor berita resmi Palestina.

Pernyataan itu muncul saat pertemuan resmi Abe dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Ramallah, WAFA melaporkan.

Pemimpin Jepang tersebut menegaskan dukungan negaranya untuk proses politik berdasarkan prinsip solusi dua negara dan kesiapannya untuk berkontribusi dalam upaya mencapai perdamaian, kata WAFA.

Ia menekankan dukungan lanjutan dari Jepang untuk proyek-proyek yang berkontribusi terhadap pembangunan institusi dan infrastruktur negara Palestina.

Abbas juga menekankan bahwa pihak Palestina telah dan siap untuk bekerja sama demi keberhasilan upaya internasional berdasarkan resolusi PBB dan prinsip solusi dua negara untuk pembentukan negara Palestina merdeka dengan Jerusalem Timur sebagai ibukotanya berdasarkan perbatasan tahun 1967.

Ia menegaskan kembali seruannya pada Dewan Keamanan PBB untuk mengadakan "konferensi perdamaian internasional tahun ini yang akan membentuk mekanisme multilateral internasional untuk mengawasi proses politik" sementara mencatat bahwa AS telah meninggalkan perannya sebagai "perantara perdamaian yang jujur" dengan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memutuskan untuk memindahkan kedutaannya di sana.

Desember lalu, Presiden AS Donald Trump memicu kecaman di seluruh dunia Arab dan Muslim dengan mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel dan bersumpah untuk merelokasi kedutaan Washington ke kota tersebut.

Yerusalem tetap di jantung konflik Palestina-Israel, dengan Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur - yang diduduki oleh Israel sejak 1967 - mungkin akhirnya berfungsi sebagai ibukota negara Palestina merdeka.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir