Partisipasi Bahrain-UEA dalam perhelatan 'Giro d'Italia' picu kemarahan warga Palestina di Yerusalem

Warga Palestina di Yerusalem menyatakan kemarahan mereka atas partisipasi delegasi Bahraini- Uni Emirat Arab (UEA) dalam apa yang disebut perlombaan Giro d'Italia tahun 2018, yang akan diselenggarakan di Israel tahun ini. Giro d'Italia merupakan balapan sepeda yang terinspirasi dari Tour de France.

BY 4adminEdited Fri,04 May 2018,09:19 AM

MEMO - Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Warga Palestina di Yerusalem menyatakan kemarahan mereka atas partisipasi delegasi Bahraini- Uni Emirat Arab (UEA) dalam apa yang disebut perlombaan Giro d'Italia tahun 2018, yang akan diselenggarakan di Israel tahun ini. Giro d'Italia merupakan balapan sepeda yang terinspirasi dari Tour de France.

Seorang juru bicara Otoritas Aksi Nasional di Yerusalem yang diduduki menggambarkan partisipasi tim Emirat dan Bahrain sebagai, "provokasi yang sangat serius terhadap perasaan orang-orang Palestina dan negara-negara Arab serta umat Islam, pada saat Yerusalem sedang mengalami serangan terburuk akibat Yahudisasi, Israelisasi dan pembersihan etnis dari wilayah Yerusalem. "

Sang juru bicara menambahkan, “Partisipasi Arab yang memalukan ini bertepatan dengan peringatan Hari Nakba dan perayaan pendudukan Israel. Ini berarti bahwa negara-negara ini, bersama para penjajah, sedang merayakan peringatan perampasan tanah Palestina dan pengusiran rakyatnya..."

Ziad Al-Hammouri, seorang pemimpin di Yerusalem, menggambarkan partisipasi Arab dalam perlombaan ini sebagai “partisipasi terburuk dari pihak-pihak yang menggambarkan diri mereka sebagai orang Arab.” Dia mengatakan kepada The New Arab bahwa, “Ini adalah deklarasi yang eksplisit dan jelas bahwa negara-negara ini telah meninggalkan perjuangan Palestina, penyebab utama negara Arab dan Islam, pelanggaran semua larangan dan konsensus Arab, dan bagian dari tujuan Pangeran Mahkota Saudi Mohammad Bin Salman, yang menyerang rakyat Palestina dan menuduh mereka menolak proposal perdamaian."

Dalam sebuah wawancara dengan The New Arab, salah satu aktivis mengatakan bahwa jika mereka menghadapi tim Arab ini besok, para aktivis, "akan melemparkan telur pada mereka dan tidak akan membiarkan mereka menjadi bagian dari partisipasi ini, yang merupakan aib bagi pro negara pendudukan dari tim-tim ini dan rezim mereka. "

Delegasi Uni Emirat Arab tiba di Israel pada hari Rabu (02/05/2018), meskipun ada perlawanan dari banyak pihak termasuk para aktivis BDS. Namun, UEA telah mengabaikan semua ini dan memutuskan untuk berpartisipasi dalam perlombaan yang mana Israel membayar jutaan untuk menjadi tuan rumah demi memperbaiki citranya pada peringatan ke-70 Hari Nakba warga Palestina, yang dirayakan di Israel sebagai hari kemerdekaan.

Pendudukan Israel telah mengalokasikan 120 juta shekel (33,6 juta dolar) untuk balapan tersebut, termasuk 12,2 juta dolar bagi mereka yang bertanggung jawab atas hal itu dan memutuskan untuk menahannya untuk merayakan ulang tahun ke-70. Perlombaan mencakup tiga tahap, mulai dari Yerusalem yang diduduki pada tahap pertama, di samping dua tahap di Palestina yang diduduki sejak tahun 1948, termasuk rute dari Haifa ke Tel Aviv, dan satu lagi dari Negev menuju Eilat.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir