Mitra dalam kejahatan: Pasukan dan pemukim Israel serang warga Palestina di Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA - Pemukim Israel menyerang warga Palestina di 'Einabus di Tepi Barat dengan kawalan tentara Israel, menurut laporan terbaru LSM hak asasi manusia, B'Tselem.

BY 4adminEdited Sat,05 May 2018,10:35 AM

Tepi Barat, SPNA - Pemukim Israel menyerang warga Palestina di 'Einabus di Tepi Barat dengan kawalan tentara Israel, menurut laporan terbaru LSM hak asasi manusia, B'Tselem.

Pada pagi hari tanggal 6 Maret lalu, dua orang Palestina - ‘Ahed Hamad dan Yasser Hamad - pergi ke bagian utara desa untuk membuka jalan yang dimaksudkan agar membantu warga mengakses tanah pertanian mereka.

Tak lama setelah mereka mulai bekerja, sekitar 30 pemukim Israel, "beberapa dari mereka bertopeng", tiba dari arah permukiman Yitzhar, yang terletak sekitar empat kilometer jauhnya.

"Para pemukim mengelilingi buldoser dan mulai melemparkan batu ke arahnya, serta memecahkan kaca depan," kata B'Tselem. "Kedua pria itu mencoba melarikan diri, tetapi beberapa pemukim mengejar mereka, melemparkan batu dan memukul mereka, sampai mereka berhasil melarikan diri ke desa."

Sekitar 50 penduduk desa kemudian pergi untuk melindungi tanah mereka, setelah itu "para pemukim kembali dalam jumlah yang lebih besar, ditemani oleh tentara".

Pemukim dan penduduk Palestina "saling melempar batu", sementara pasukan pendudukan Israel "menembakkan peluru tajam, peluru logam berlapis karet, dan gas air mata" ke arah warga Palestina. Enam warga Palestina terluka, empat di antaranya dibawa ke rumah sakit.

Menurut B’Tselem, "Insiden ini tidak biasa, pemukim telah menyerang warga Palestina di hadapan tentara ratusan kali, dengan para prajurit yang kadang-kadang - seperti dalam kasus ini - bergabung dalam serangan itu."

"Para pemukim yang berada di dekat buldoser melemparkan batu dan menempeli dan membocorkan bannya."

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply