Warga Gaza akan gelar demonstrasi besar-besaran memperingati Hari tragedi Kemanusiaan Palestina

Jalur Gaza, SPNA - Lembaga Hak Pengembalian Wilayah Palestina, Rabu (09/05/2018) akan menggelar demonstrasi memperingati 70 tahun Hari Tragedi Kemanusiaan di Palestina (Nakba).

BY 4adminEdited Thu,10 May 2018,10:56 AM

Jalur Gaza, SPNA - Lembaga Hak Pengembalian Wilayah Palestina, Rabu (09/05/2018) akan menggelar demonstrasi memperingati 70 tahun Hari Tragedi Kemanusiaan di Palestina (Nakba).

Dalam konferensi pers di Ramallah lembaga tersebut mengatakan sejumlah program yang mencakup orasi, akan digelar seminar dalam peringatan Nakba ke 70 tahun ini. Khutbah Jumat juga akan fokus terhadap pembahasan hak-hak warga Palestina untuk kembali ke tanah air mereka.

Sementara itu Koordinator Umum di Lembaga Muhammad Ilyan mengatakan bahwa peringatan Nakba ke-70 untuk mengukuhkan hak bagi warga Palestina untuk kembali ke tanah air dan rumah mereka, khususnya pasca deklarasi AS bahwa Al-Quds ibukota Israel.

 “Kami, rakyat Palestina akan terus berjuang, turun  ke lapangan, berpegang teguh dengan hak-hak kami. ‘’

Kalimat Nakba: adalah istilah yang digunakan memperingati pengusiran besar-besaran terhadap warga Palestin dari tanah air mereka yang dilakukan oleh Israel tahun 1948.

Sejak akhir bulan lalu, warga Palestina juga memperingati hari Great March of Return, menuntut pengembalian wilayah yang diduduki Israel.

Ribuan warga Palestina dilaporkan berkumpul di 5 titik perbatasan antara Gaza dan  Israel. Mereka membakar ban  serta melempari batu ke arah pasukan Israel.

Hingga saat ini jumlah korban jiwa yang ditembak pasukan Israel mencapai 44 orang,  sementara lebih dari 5000 lainnya luka-luka.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Pidana Internasional Fatou Bensouda, Minggu (08/04/2018) mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan awal terhadap pembunuhan demonstran yang dilakukan IDF.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply