Antisipasi ledakan masa, Israel tambah jumlah pasukan di Jalur Gaza dan Tepi Barat

Betlehem, SPNA -  MIliter Israel dilaporkan akan menambah jumlah prajurit di Tepi Barat dan Jalur Gaza guna mengantisipasi pecahnya demonstrasi memperingati Hari Tragedi ....

BY 4adminEdited Sat,12 May 2018,10:50 AM

Betlehem, SPNA -  MIliter Israel dilaporkan akan menambah jumlah prajurit di Tepi Barat dan Jalur Gaza guna mengantisipasi pecahnya demonstrasi memperingati Hari Tragedi di Palestina (Nakba), Senin dan Selasa mendatang.

Seorang pejabat senior di komando militer yang tidak disebutkan namanya, mengatakan  surat kabar Israel, Haaretz, Jum’at (11/05/2018) bahwa Senin depan AS akan meresmikan kedutaan besarnya di Al-Quds yang diduduki. Sehari setelahnya warga Palestina juga memperingati hari tragedi Palestina (Nakba).

‘’Demonstrasi Nakba Selasa mendatang akan berlangsung lebih panas dari demonstrasi beberapa minggu terakhir. Prajurit Israel sedang bersiap mengambil tindakan menanggulangi segala kemungkinan pecahnya konfrontasi di 17 titik di Jalur Gaza dan Tepi Barat, ‘’ tulis Haaretz. 

Demi mengantisipasi ledakan masa, 11 batalyon di kerahkan di sepanjang perbatasan Gaza. Pasukan Israel juga akan meningkatkan jumlahnya di Tepi Barat secara siginifikan.

Sejak 30 Maret lalu, ribuan warga Palestina menggelar demonstrasi dekat pagar pembatas antara Gaza dan wilayah yang diduduki Israel.

Demonstrasi tersebut bertujuan menuntut Israel untuk  mengembalikan pengungsi Palestina ke tanah air mereka yang telah diusir sejak 1948.

Hingga saat ini hampir 50 warga Palestina gugur dan ribuan lainnya terluka akibat tindakan brutal pasukan Israel.

Jaksa Penuntut Umum Pengadilan Pidana Internasional Fatou Bensouda, Minggu (08/04/2018) mengatakan pihaknya akan melakukan penyelidikan awal terhadap pembunuhan demonstran yang dilakukan IDF dalam peringatan Great March of Return.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir