Gaza kembali memanas, seorang warga gugur dan 25 lainnya luka-luka

Jalur Gaza, SPNA - Juru bicara Menkes Gaza, Ashraf Qaddoura melaporkan bahwa aksi demonstrasi lanjutan Great March of Return di Jalur Gaza ....

BY 4adminEdited Sat,26 May 2018,10:53 AM

Jalur Gaza, SPNA - Juru bicara Menkes Gaza, Ashraf Qaddoura melaporkan bahwa aksi demonstrasi lanjutan Great March of Return di Jalur Gaza yang berlangsung kemarin, Jum’at (25/05/2018) menewaskan seorang warga serta melukai 25 lainnya.

Qaddoura dalam konferensi pers mengatakan, “Seorang warga Palestina Yasser Sami Habib, (24 tahun) meninggal akibat luka ditembak pasukan Israel dalam demonstrasi Great March of Return di wilayah Shujaiya.’’

Jum’at kemarin sore,  ratusan warga Palestina membanjiri 5 wilayah dekat perbatasan timur Jalur Gaza untuk berpartisipasi dalam demonstrasi menuntut pengembalian wilayah Palestina.

Sejak 30 Maret lalu, ribuan warga Palestina menggelar demonstrasi dekat pagar pembatas antara Gaza dan wilayah yang diduduki Israel serta memprotes relokasi kedubes AS. 

Berdasarkan laporan Menkes Gaza, 112 warga gugur dan 13190 lainnya luka- luka sejak dimulainya demonstrasi tersebut 30 Maret lalu.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan telah meresmikan kedubes AS di Al-Quds, Senin (15/05/2018)

Hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang serta memancing kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Langkah AS tersebut  juga ditentang oleh Majelis Umum PBB yang menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Warga Gaza juga menggelar  protes masal menentang relokasi kedubes AS dimana 60 warga  dilaporkan gugur dan ratusan lainnya luka-luka.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Jum’at (18/05/2018) menetapkan resolusi yang disetujui 29 anggotanya untuk membentuk Lembaga Pencari Fakta yang bersifat independen untuk meneliti peristiwa berdarah di Jalur Gaza serta menyelidiki pelanggaran yang dilakukan Israel terhadap demonstran.

Selain itu Dewan Keamanan PBB dilaporkan mulai membahas rancangan resolusi yang diajukan oleh Kuwait untuk mengirimkan delegasi internasional ke Palestina yang bertanggung jawab melindungi warga sipil Palestina dari serangan Israel.

(T.RS/S:AnadoluAgency)

leave a reply
Posting terakhir