Demonstran Gaza: Demi anak-anak kami yang syahid

Warga Gaza bersiap meneruskan aksi The Great March of Return, sore ini (27/07/2018), di perbatasan timur Gaza. Dalam aksi hari ini mereka membawa slogan “Demi anak-anak kami yang syahid.”

BY 4adminEdited Fri,27 Jul 2018,02:28 PM

Samanews - Gaza

Gaza, SPNA – Warga Gaza bersiap meneruskan aksi The Great March of Return, sore ini (27/07/2018), di perbatasan timur Gaza. Dalam aksi hari ini mereka membawa slogan “Demi anak-anak kami yang syahid.”

Diberitakan tiga pemuda yang berafiliasi ke Hamas meninggal dalam serangan Israel Rabu sore (25/07/2018). Kamis (26/07/2018) seorang remaja Palestina juga tewas ditembak militer pasca serangannya terhadap tiga warga Yahudi di permukiman Adam, Ramallah.

Lembaga Kemasyarakatan yang menaungi aksi tersebut mengajak warga mendatangi perbatasan timur Gaza, untuk melakukan protes yang sudah dimulai sejak 30 Maret lalu. Mereka juga menjelaskan bahwa aksi tersebut akan dilakukan dengan damai.

“Kita hanya meminta hak untuk pulang ke rumah-rumah kita yang telah di jarah, menuntut pembebasan blokade Israel terhadap Gaza, serta menolak The Deal of The Century, tawaran perdamaian Amerika yang menjadikan Yerusalem sebagai ibukota Israel.” Papar juru bicara Lembaga tersebut.

Aksi protes dimulai setelah Asar sampai pukul tujuh tiga puluh sore. Aksi damai tersebut sering kali mendapat perlawanan dari militer Israel. Tak jarang para demonstran luka-luka bahkan mereggang nyawa terkena peluru peledak Israel.

Kementerian Kesehatan, seperti yang disebutkan situs ‘Sawa’, hari Kamis (26/07) mengumumkan sebanyak 152 warga meninggal dan 16.750 lainnya luka-luka, sejak aksi protes pertama kali digelar 30 Maret lalu.

(T.HN/S:Samanews)

leave a reply
Posting terakhir