Gempa 4,6 skala rickter menimpa wilayah Tiberias Israel

Tiberias, SPNA - Gempa berkekuatan 4,6 SR, Jumat (27/07/2018), menguncang wilayah Tiberias, Israel. Gempa tersebut berpusat di timur laut Danau Tiberias.

BY 4adminEdited Sat,28 Jul 2018,11:28 AM

Tiberias, SPNA - Gempa berkekuatan 4,6 SR, Jumat (27/07/2018), menguncang wilayah Tiberias, Israel. Gempa tersebut berpusat di timur laut Danau Tiberias.

Gempa ini merupakan yang paling kuat di antara gempa susulan yang sering menguncang Israel akhir-akhir ini. Gempa dapat dirasakan oleh warga Yahudi yang tinggal di kota Tiberias khususnya. Namun belum ada kabar tentang korban jiwa dan kerugian yang terjadi. Terakhir kali, gempa terjadi pada hari Minggu kemarin (22/07).

Media Israel memberitakan, warga bisa merasakan rumah mereka bergoyang, kasur dan alat-alat rumah ikut bergerak.

Sejak sebulan terakhir Israel memang sering dilanda gempa. Pusat gempa terletak di wilayah Danau Tiberias, dengan kekuatan berkisar antara 2.8 sampai 4 SR.

Seorang pakar geoligi Israel, Ariel Heiman, pasca gempa yang terjadi 2 Juli lalu mengatakan, “Tidak diragukan lagi bahwa gempa dahsyat akan melanda Israel. Tetapi pertanyaan kapan? Kita tidak bisa memprediksi, tapi yakin itu akan terjadi. Kemungkinan dengan kekuatan 6-7 skala richter.”

“Kita semua dalam bahaya. Gempa yang terjadi pada tahun 1837 dengan kekuatan 6-7 skala richter menghancurkan kota Sefed dan membunuh ribuan orang. Ada kemungkinan gempa yang sama akan terjadi lagi.” Imbuhnya.

(T.HN/S:Wafa)

leave a reply
Posting terakhir

Gempa 3,8 Skala Richter Guncang Selatan Palestina

Sepuluh hari yang lalu, gempa berkekuatan 5,2 skala richter melanda Laut Putih lepas pantai barat Turki, dan ikut dirasakan oleh banyak penduduk Palestina. Selama tahun ini, beberapa gempa melanda Turki dan terkonsentrasi di selatan dan utara negara tersebut, wilayah Laut Mati, dan pantai laut. Kekuatan gempa bumi berkisar antara 3,6 derajat pada skala richter hingga 5,6 derajat.

Gempa Berkekuatan 6,6 Skala Richter Guncang Turki dan Yunani

Departemen Manajemen Bencana dan Darurat mengatakan bahwa jumlah korban tewas di Turki akibat gempa telah meningkat menjadi 12, dengan jumlah korban luka-luka sudah mencapai 419 jiwa. Operasi pencarian dan penyelamatan di 17 bangunan yang runtuh atau rusak akibat gempa terus berlanjut.