Dokumen lama Israel menunjukkan rencana pengusiran suku Badui yang bermukim dekat Yerusalem

Dokumen beresejarah militer Israel yang diperoleh oleh surat kabar Haaretz telah memberi petunjuk baru menegnai upaya lama penguasa pendudukan untuk memindahkan secara paksa orang-orang Badui Palestina yang tinggal di dekat Yerusalem.

BY 4adminEdited Thu,02 Aug 2018,12:31 PM

MEMO - Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Dokumen bersejarah militer Israel yang diperoleh oleh surat kabar Haaretz telah memberi petunjuk baru menegnai upaya lama penguasa pendudukan untuk memindahkan secara paksa orang-orang Badui Palestina yang tinggal di dekat Yerusalem.

Dokumen-dokumen tersebut, yang berasal dari tahun 1970-an dan awal 1980-an, menegaskan bahwa rencana-rencana kontemporer untuk mengusir orang-orang Palestina di Khan Al-Ahmar adalah bagian dari upaya puluhan tahun untuk membersihkan tanah Tepi Barat untuk perluasan permukiman Yahudi.

Pada 10 Desember 1975, Mayor Rani Langer, kepala staf untuk kepala komando Pusat Angkatan Darat Israel, mengatakan bahwa Menteri Yisrael Galili telah meminta kertas kerja untuk penyususnan rencana "tempat-tempat di mana penduduk Badui terkonsentrasi" di Barat Bank.

Sang menteri kemudian meminta “rekomendasi untuk penyelesaian permanen populasi ini, di samping cara mewujudkannya secara intensif, di tempat-tempat yang tidak mengganggu rencana pemukiman (Yahudi) dan tidak diharapkan melemahkan pemikim di masa depan.”

Pada tahun 1981, ahli kajian Timur Tengah Dr. Moshe Sharon mengajukan “survei rinci tentang Badui di Tepi Barat, yang banyak beredar, termasuk di antara para pemimpin militer dari berbagai distrik dan beberapa petugas dinas keamanan Shin Bet”.

Seperti yang dijelaskan oleh Haaretz, "Sharon secara eksplisit mengaitkan rencana permanen menyelesaikan wilayah Badui ini untuk menjadi permukiman Yahudi," ia menulis: "Masalah utama yang dihadapi Jahhalin adalah fakta bahwa mereka telah menguasai tanah yang dimaksudkan untuk atau dekat permukiman Yahudi."

Khan Al-Ahmar adalah rumah bagi suku Badui Al-Jahhalin, yang merupakan pengungsi dari gurun Negev yang telah tinggal di daerah itu sejak perpindahan mereka oleh tentara Israel pada tahun 1967. Israel menolak untuk mengakui komunitas Badui Al-Jahhalin atau memberi mereka izin membangun, strategi yang sering digunakan oleh Israel untuk menyebut bahwa setiap rumah Badui ilegal.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir