Ismail Haniya pompa semangat warga Gaza melalui Khutbah Idul Adha

Gaza, SPNA – Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniya, mengatakan, “Kita sedang mengupayakan langkah-langkah baru untuk menghapus blokade terhadap Gaza sejak 11 tahun lalu melalui rekonsiliasi yang dimediasi.....

BY 4adminEdited Wed,22 Aug 2018,11:39 AM

Gaza, SPNA – Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniya, mengatakan, “Kita sedang mengupayakan langkah-langkah baru untuk menghapus blokade terhadap Gaza sejak 11 tahun lalu melalui rekonsiliasi yang dimediasi oleh Mesir dan PBB.

Pesan tersebut disampaikannya di hadapan ribuan Jemaah shalat Idul Adha, Selasa (21/08/2018), di lapangan Saraya Square, Kota Gaza.

Haniya menjelaskan delegasi palestina di Kairo sedang memperjuangkan dua misi. Pertama untuk menciptakan perdamaian nasional antar kelompok lokal Palestina. Kedua, diskusi demi mencapai titik kesepahaman antara Palestina, Mesir, negara arab dan negara Islam lainnya.

“Idul Fitri tetap membawa kebahagiaan meski kondisi sempit yang kita lalui. Perayaan ini merupakan bagian dari  perjuangan, perjuangan melawan kesedihan dan duka.” Tuturnya.

Mantan Perdana Menteri Palestina tersebut juga menyinggung tawaran perdamaian Amerika, The Deal Of The Century. Menurutnya tidak ada pihak yang mampu memaksakan kehendak rakyat Palestina. Protes The Great March of Return akan terus dipertahankan dan berlangsung demi menebus ratusan nyawa yang telah gugur.

Dia juga menyampaikan pesan kepada warga yang berada di tahanan Israel. “Kami terus berusaha dengan segala kemampuan untuk membebaskan para tahanan. Kami tidak akan membiarkan kalian terus di penjara penjajah,” Pesan Haniya.

“Apapun usaha yang kami lakukan, semata-mata demi warga Gaza, bukan atas dasar kepentingan politik kelompok. Kami senantiasa berfikir bagaimana mengakhiri blokade dan tercapainya rekonsiliasi nasional.” Tutupnya.

(T.HN)

Abdel Hamid Akkila

leave a reply