Ketua Komisi Penyelidikan PBB terhadap Kriminalitas Israel mengundurkan diri

PBB mengumumumkan pengunduran diri David Crane yang terpilih sebagai kepala penyelidikan kriminalitas tentara Israel terhadap warga Gaza bulan lalu. Pengunduran diri Crane disinyalir karena alasan pribadi. Dewan Bagian Hak Asasi Manusia PBB sedang mempelajari langkah yang akan diambilpasca pengunduran diri tersebut.

BY 4adminEdited Fri,24 Aug 2018,11:43 AM

Samanews - Yerusalem

Yerusaem, SPNA - PBB mengumumumkan pengunduran diri David Crane yang terpilih sebagai kepala penyelidikan kriminalitas tentara Israel terhadap warga Gaza bulan lalu. Pengunduran diri Crane disinyalir karena alasan pribadi. Dewan Bagian Hak Asasi Manusia PBB sedang mempelajari langkah yang akan diambilpasca pengunduran diri tersebut.

Crane merupakan mantan pajabat hukum AS yang menjabat sebagai kepala Jaksa di pengadilan khusus di Sierra Leone dari tahun 2002 sampai 2005. Dia diangkat menjadi ketua tim penyelidikan PBB pada tanggal 25 Juli lalu.

Labih dari 170 warga Palestina tewas terkena peluru Israel ketika melakukan aksi protes mingguan diperbatasan Gaza dan Israel. Aksi yang dikenal dengan istilah The Great March of Return masih terus dilakukan warga Gaza setiap hari Jumat, sejak akhir Maret lalu.

Mereka menuntut hak untuk kembali ke tanah leluhur yang dicaplok Israel serta menolak berbagai kebijakan yang bekerja untuk kepentingan Israel, seperti tawaran perdamaian Amerika The Deal of The Century.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB membentuk sebuah komisi untuk melakukan penyelidikan terhadap kriminalitas militer Israel tersebut. Mereka seharusnya sudah menyerahkan hasil penyelidikannya kepada Dewan Hak Asasi Manusia pada 24 September mendatang.

(T.HN/S:Samanews)

leave a reply
Posting terakhir