Pasukan Israel melukai ratusan orang dalam demonstrasi mingguan di perbatasan Gaza

Setidaknya 189 demonstran Palestina di Gaza terluka oleh tentara Israel pada hari Jumat (24/08/2018) dalam protes mingguan yang merupakan bagian dari Great March of Return.

BY 4adminEdited Sat,25 Aug 2018,10:12 AM

MEE - Gaza

Gaza, SPNA - Setidaknya 189 demonstran Palestina di Gaza terluka oleh tentara Israel pada hari Jumat (24/08/2018) dalam protes mingguan yang merupakan bagian dari Great March of Return.

Di antara para korban yang terluka, 73 orang dirawat di rumah sakit dan 50 orang terkena amunisi, menurut juru bicara kementerian kesehatan Gaza. Sisanya dirawat di tempat kejadian.

Pada akhir Maret, warga Palestina meluncurkan the Great March of Return, di mana berkumpul dengan damai di sepanjang "zona penyangga" di Gaza dekat pagar yang memisahkannya dari Israel.

Kampanye protes menyerukan diakhirinya blokade Israel atas Gaza yang telah berlangsung lebih satu dekade dan hak-hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah mereka yang dirampas selama pembentukan negara Israel pada tahun 1948.

Setidaknya 171 warga Palestina di Gaza, termasuk demonstran, wartawan, dan petugas medis telah dibunuh oleh pasukan Israel sejak dimulainya protesnya ini.

Awal pekan ini, ketua investigasi Dewan HAM PBB atas penggunaan kekuatan Israel terhadap demonstran di Gaza mengundurkan diri, kurang dari sebulan setelah pengangkatannya.

Mantan pejabat Pentagon David Crane mengundurkan diri dari penyelidikan karena "alasan pribadi", menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia pada hari Rabu.

Di tempat lain di wilayah Palestina, pemukim Israel menghancurkan 30 pohon zaitun di sebuah desa di selatan Nablus di Tepi Barat pada hari Jumat, kantor berita resmi Palestina WAFA melaporkan.

Pemukim secara teratur mencabut, membakar dan menghancurkan pohon zaitun di Tepi Barat, yang menjadi sumber pendapatan bagi para petani Palestina yang juga melambangkan keterikatan orang Palestina dengan tanah mereka.

(T.RA/S: MEE)

leave a reply
Posting terakhir
PM Palestina adakan sidang mingguan di Jalur Gaza

PM Palestina adakan sidang mingguan di Jalur Gaza

Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah mewakili Pemerintah Palestina (PA), mengadakan pertemuan mingguan di gedung kementrian di Jalur Gaza, Selasa (03/10/2017). Pertemuan tersebut dihadiri seluruh Menteri dan Lembaga terkait.