Korea Selatan tolak kedatangan Presiden Israel

Korea Selatan akhir-akhirini menolak kedatangan presiden Israel, Reuven Rivlin,untuk tahun ini dan tahun depan. Berita ini dilaporkan harian Yedioth Ahronoth, Kamis (30/ 08/2018).

BY 4adminEdited Fri,31 Aug 2018,02:38 PM

Palsawa - Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA - Korea Selatan akhir-akhirini menolak kedatangan presiden Israel, Reuven Rivlin,untuk tahun ini dan tahun depan. Berita ini dilaporkan harian Yedioth Ahronoth, Kamis (30/ 08/2018). 

Yedioth Ahronoth mengisyaratkan,jawaban negatif Seoul tersebut membuat pihak Israel terkejut.Korea Selatan tidak menjelaskan detail sebab penolakannya. Penolakan ini jelas bukan masalah pribadi Presiden Rivlin, terdapat perdebatan hebat terkait tokoh dibalik penolakan tersebut.

Beberapa pengamat percaya bahwa penolakan tersebut diakibatkan kekecewaan Korea Selatan terhadap Israel yang melewatkan beberapa tawaran penting mereka. Seperti pembelian empat kapal untuk melindungi patform gas. Israel lebih memilih kapal buatan Jerman dari pada hasil produksi Korea.

Kekecewaan lainnya karena Israel tidak ikut serta dalam KTT yang mempertemukan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Korea Utara Kim Jong-un April lalu.

Di pihak lain, pejabat Kementerian Luar Negeri Israelmengatakan, penolakan KoreaSelatan memang kurang baik, tetapi hal tersebut tidak berarti retaknya hubungan kedua negara.

(T. HN/S:Palsawa)

leave a reply
Posting terakhir