Resmi, AS hentikan donasi untuk UNRWA

Jalur Gaza, SPNA - Pemerintah AS, Jum’at malam (31/08/2018) menyatakan secara resmi menghetikan dana untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA),

BY 4adminEdited Sat,01 Sep 2018,03:43 PM

Jalur Gaza, SPNA - Pemerintah AS, Jum’at malam (31/08/2018) menyatakan secara resmi menghetikan dana untuk Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), yang diperkirakan mencapai 300 juta dolar per tahun.

Hal ini disampaikan setelah Jerman menambah donasinya untuk UNRWA serta mengajak negara-negara Eropa melakukan hal yang sama, seperti dilansir surat kabar Israel, i24News.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil dengan sangat hati-hati. “Setelah menimbang banyak hal  Amerika Serikat memutuskan untuk menghentikan bantuannya terhadap UNRWA. ‘’

Disisi lain, Pemerintah Jerman, Jum’at kemarin, mengumumkan akan menambah donasi untuk UNRWA. Untuk tahun ini, Jerman dilaporkan telah mendonasi 94 juta Dolar untuk  UNRWA.

Sementara itu, Amerika Serikat bulan lalu menyatakan akan mengurangi bantuan tersebut dari 360 juta dolar menjadi hanya 60 Juta Dolar.

Pemerintah AS yang dipimpin Donald Trump juga berencana menghapus hak pengungsi Palestina untuk kembali ke tanah air dari meja perundingan.

Hingga saat ini Washington hanya mengakui 500.000 pengungsi dari jumlah resmi yang mencapai 5 juta jiwa.

UNRWA didirikan pada tahun 1949 dan telah memberikan bantuan kepada lebih dari 3 juta pengungsi, baik di wilayah Palestina, Yordania, Libanon dan Suriah.

(T.RS/S:i24News)

leave a reply
Posting terakhir