Media Israel: Situasi Gaza sangat rentan dan akan segera ‘meledak’

Gaza, SPNA - Media Israel ‘Maariv’ menyebutkan bahwa situasi Gaza sangat rentan dan ....

BY 4adminEdited Mon,10 Sep 2018,10:52 AM

Gaza, SPNA - Media Israel ‘Maariv’ menyebutkan bahwa situasi Gaza sangat rentan dan dikhwatirkan akan segara ‘meledak’.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh seorang pakar militer Israel Yossi Melman. Ia mengatakan, “Meski perdamaian Hamas dan Israel yang dimediasi oleh Mesir masih berlajan, akan tetapi ia sangatlah rapuh.”

Melman menambahkan, akhirnya Hamas mampu menghentikan balon-balon pembakar yang dilepaskan oleh warga Gaza ke arah permukiman ilegal Yahudi. Meski terdapat satu dua kasus yang masih berlangsung.

Ia menjelaskan, dalam periode aman ini, Perdana Menteri Israel Netanyahu dan Menteri Keamanan Avigdor Lieberman akan merasa bangga karena berhasil menciptkan keamanan negara tanpa harus membayar apapun. Hal ini sebenarnya tidak baik. Hamas tau betul apa yang sedang dilakukan. Mereka pastinya tidak mau dinilai sebagai pihak yang rugi dalam perundingan.

Melman mengatakan, keputusan Hamas untuk menerima tawaran gencatan senjata bukan karena mereka sudah kalah. Hamas hanya ingin membangun Gaza dan menyelamatkan dua juta warga Palestina yang hidup menderita di bawah blokade Israel.

Pakar militer Israel tersebut mengklaim terdapat ketakutan di pihak Israel terhadap terjadinya bentrokan yang lebih besar dengan Hamas yang akan sulit untuk dibendung.

 (T.HN/S:Samanews)

leave a reply
Posting terakhir

Laporan Israel: Kondisi Tepi Barat akan Meledak

Laporan tersebut menyatakan bahwa meskipun situasi keamanan di Tepi Barat masih terkendali dalam koordinasi keamanan dengan Otoritas Palestina. Namun, Otoritas Palestina yang melemah dapat mengganggu fungsinya, sementara rasa putus asa yang tumbuh di kalangan generasi muda Palestina dapat merangsang pemikiran mengenai gagasan tentang berdirinya satu negara merdeka.