Terbukti Israel pasok senjata untuk ISIS

Damaskus, SPNA - Sebuah laporan pers menyebutkan militer Suriah menemukan bukti keterlibatan Israel dan negara barat sebagai pemasok senjata ISIS...

BY 4adminEdited Mon,17 Sep 2018,12:30 PM

Damaskus, SPNA - Sebuah laporan pers menyebutkan militer Suriah menemukan bukti keterlibatan Israel dan negara barat sebagai pemasok senjata ISIS untuk melawan pemerintahan Suriah.

Situs ‘Sputnik’ menuliskan bahwa militer Suriah melakukan penyisiran di beberapa daerah yang pernah dikuasa kelompok bersenjata. Mereka menemukan banyak senjata dan amunisi produksi negara barat dan Israel.

Dalam sebuah penggerebekan di Lembah Yarmouk, Provinsi Daraa, Sabtu (15/09/2018), militer Suriah menemukan senapan, RPG, roket, senjata ringan dan amunisi dalam jumlah besar. Sebagian dari senjata milik ISIS tersebut merupakan buatan Israel.

Media menyebutkan bahwa hal tersebut bukanlah yang pertamakalinya. Pada bulan Juli lalu, tentara Basyar Asad juga berhasil mengamankan sejumah RPG, roket, topeng gas, senapan mesin berat, dan peluncur roket anti-tank buatan Amerika. Perlengkapan perang tersebut dibagikan Amerika kepada tentera pembebesan Suriah.

Pemerintah Suriah dengan bantuan Rusia, bulan lalu berhasil menguasai beberapa daerah dari tangan kelompok bersenjata. Yaitu Provinsi Daraa, Quneitra dan As-Suwayda. Rusia mampu meyakinkan kelompok militan tersebut untuk melucuti senjata. Mereka diberi kebebasan antara kembali ke Idlib atau bergabung dengan barisan militer pemerintah untuk memerangi ISIS dan beberapa organisasi bersenjata lainnya.

(T.HN/S:Palsawa)  

leave a reply
Posting terakhir