Moskow menyalahkan Israel setelah Suriah menjatuhkan pesawat Rusia

Moskow, SPNA - Moskow melontarkan ancaman kepada Israel, Selasa (18/09/2018),....

BY 4adminEdited Wed,19 Sep 2018,01:36 PM

Moskow, SPNA - Moskow melontarkan ancaman kepada Israel, Selasa (18/09/2018), setelah Suriah menembak jatuh pesawat udara Rusia yang memuat 15 orang di atas laut Mediterania.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kepada rekan Israelnya Avigdor Lieberman yang menyalahkan “Israel sepenuhnya, dan menambahkan bahwa Rusia “berhak mengambil langkah lebih lanjut sebagai tanggapan” atas insiden itu.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan bahwa mereka menganggap presiden rezim Suria Bashar al-Assad sepenuhnya bertanggungjawab atas insiden tersebut dan mengungkapkan kesedihan atas kematian anggota pesawat udara Rusia. Israel juha akan membagi semua informasi yang relevan dengan pemerintah Rusia untuk meninjau insiden dan mengkonfirmasi fakta-fakta dalam penyelidikan ini.

Rusia adalah sekutu Suriah dan Israel.

Pesawat turbo-prop Il-20 terbang di atas laut Mediterania ketika akan kembali ke markasnya di Latakia saat sebuah kapal perang Prancis di dekatnya mulai meluncurkan serangan rudal ke sasaran di darat bersama dengan jet-jet Israel. Menurut menteri pertahanan Rusia.

Tidak jelas apa yang dimaksudkan rudal-rudal itu, tetapi seorang juru bicara militer Prancis membantah terlibat dalam hilangnya pesawat tersebut.

Sebuah operasi pencarian telah diluncurkan dari pangkalan udara Hmeymim Rusia yang telah menjadi pusat dukungan pasukan udara Moskow yang paling efektif dan setia kepada presiden Suriah Bashar al-Assad.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa pesawat itu mungkin secara tidak sengaja jatuh oleh baterai anti-pesawat pemerintah Suriah karena pertahanan diaktifkan sebagai tanggapan terhadap serangan Prancis dan Israel.

(T.RA/S: Euro News)

leave a reply