Donald Trump: Tanpa kami Raja Salman tak akan bertahan lebih dari 2 minggu

Washington, SPNA - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dalam sebuah pernyataan kontroversial mengatakan bahwa Raja Salman ....

BY 4adminEdited Thu,04 Oct 2018,10:44 AM

Washington, SPNA - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dalam sebuah pernyataan kontroversial mengatakan bahwa Raja Salman tidak akan mampu mempertahankan jabatannya lebih dari 2 minggu tanpa dukungan militer dari Amerika Serikat.

Trump dalam pidatonya di Southaven, Missisipi, Rabu (03/10/2018)  menjelaskan bahwa dirinya menguhubungi Raja Salman dan menegaskan bahwa Arab Saudi mendapatkan perlindungan militer dari Amerika Serikat.

“Arab Saudi  adalah negara kaya. Saya juga menyukai Raja Salman, namun saya tegaskan kepada beliau bahwa kami (AS) melidungi anda. Anda mungkin tidak akan bertahan lebih dari 2 minggu tanpa bantuan kami, karena itu anda harus membayar, ‘’ ucap Trump.

Trump tidak menjelaskan kapan menghubungi Raja Salman dan menyampaikan hal tersebut, seperti dilansir BBC.

Meskipun demikian, pemerintah Amerika Serikat tetap menjalin hubungan harmonis dengan Arab Saudi yang bagi AS merupakan tameng yang membendung hegemoni Iran di Timur Tengah.

Arab Saudi juga negara pertama yang dikunjungi Trump dalam lawatannya tahun kemarin usai dilantik.

Arab Saudi adalah anggota OPEC dan salah satu pemasok minyak terbesar di dunia yang dikritik Trump pasca kenaikan harga.

Trump dalam Majelis Umum PBB minggu lalu di New York mengatakan bahwa anggota OPEC “mencuri” dari negara lain dengan menaikkan harga minyak.

“Kami membela negara tersebut tanpa meminta imbalan. Negara-negara OPEC memanfaatkan kami untuk menentukan harga minyak, ini bukan hal yang baik. Kami ingin mereka berhenti menaikkan harga. ‘’ ujarnya.

 (T.RS/S:BBC)

leave a reply
Posting terakhir