BBM bantuan Qatar tiba di Gaza

Gaza, SPNA - Media lokal Palestina memberitakan bahwa BBM bantuan Qatar telah tiba di Gaza, Selasa (09/10/2018). Bantuan Qatar tersebut berhasil dipasok melalui lobi PBB ....

BY 4adminEdited Wed,10 Oct 2018,11:52 AM

Gaza, SPNA - Media lokal Palestina memberitakan bahwa BBM bantuan Qatar telah tiba di Gaza, Selasa (09/10/2018). Bantuan Qatar tersebut berhasil dipasok melalui lobi PBB untuk menghidupkan kembali pembangkit listrik di Gaza.

Menurut laporan media, sekitar enam truk BBM telah sampai di Gaza kemarin. Bahan bakar tersebut akan dipasok setiap hari, dan jumlahnya diprediksi akan bertambah dalam beberapa hari ke depan.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa bantuan Qatar tersebut telah melangkahi kebijakan pemerintah Palestina di Tepi Barat. Pada September lalu media memberitakan bahwa pemerintah Palestina menolak tawaran Qatar untuk memperbaiki krisis listrik di Gaza.

Media Israel “Haaretz” menjelaskan bahwa bantuan Qatar tersebut menghabiskan dana  puluhan juta USD. Dana tersebut dapat disalurkan berkat negosiasi panjang utusan khusus PBB untuk perdamaian Timteng Nickolay Mladenov dengan Duta Besar Qatar Muhammad Al-Imadi.

Israel menjamin bahwa pasokan bahan bakar tersebut akan terus berlangsung melalui jalur penyerberangan Karim Abu Salim, selama warga Gaza tidak lagi melakukan demonstrasi di perbatasan Gaza.

Selama 12 tahun terakhir, di bawah blokade Israel warga Gaza telah melalui berbagai jenis masalah. Krisis listrik merupakan salah satu yang terbesar. Listrik hanya hidup empat sampai lima jam  dalam sehari. Fasilitas publik terancam lumpuh, khususnya di bidang kesehatan.

(T.HN/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir