Israel ancam hentikan pasokan air bersih jika Yordania akhiri sewa wilayah Al-Baqoura dan al-Gamr

Amman, SPNA - Raja Abdullah II memutuskan untuk kembali mengambil alih kedaulatan Yordania atas wilayah Al-Baqoura dan al-Gamr yang disewakan kepada Israel ....

BY 4adminEdited Tue,23 Oct 2018,10:39 AM

Amman, SPNA - Raja Abdullah II memutuskan untuk kembali mengambil alih kedaulatan Yordania atas wilayah Al-Baqoura dan al-Gamr yang disewakan kepada Israel dalam kesepkatan damai tahun 1994.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Pemerintah Israel berhak untuk mengelola lahan tersebut selama 25 tahun.

Perdana Menteri Israel,  Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa Israel akan bernegosiasi dengan Yordania  untuk memperpanjang sewa lahan di  perbatasan Israel - Yordania.

Sementara itu, Menteri Pertanian Israel, Uri Ariel mengancam akan menghentikan pasokan air bersih dari Israel ke Amman, ibukota Yordania, jika Raja Abdullah berkeras menolak perpanjangan sewa kedua wilayah tersebut.

Raja Abdullah, Minggu (21/101/2018) menyatakan akan mengakhiri penyewaan lahan al-Baqoura dan al-Gamr yang telah berlangsung selama 25 tahun untuk Israel.

Al-Gamr terletak di  perbatasan Yordania bagian selatan. Wilayah ini masuk dalam Provinsi  Aqaba dan pernah diduduki oleh Israel selama perang Juni 1967.

Sementara Al-Baqoura terletak  di perbatasan Yordania di sebelah timur Sungai Yordan.  Wiayah ini masuk ke provinsi  Irbid, dengan total luas 60 KM Persegi.

Israel pernah menduduki wilayah tersebut tahun 1950. Lalu tahun 1994  Yordania mengembalikan kedua wilayah tersebut melalui perjanjian damai dengan Israel.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Yordania harus memberikan kebebasan bagi warga Israel untuk keluar masuk lokasi serta menggunakan lahan sesuai dengan hukum yang berlaku di Yordania.

Yordania juga tidak dapat mengenakan beacukai  dan pajak tinggi terhadap mereka.

Sementara itu, pihak Israel berjanji tidak melakukan atau mengizinkan setiap aktivitas yang membahayakan keamanan Yordania di lokasi.

Israel juga tidak megizinkan bagi siapapun untuk masuk ke lokasi dengan membawa senjata yang tidak mendapatkan izin pemerintah Yordania, kecuali polisi.

(T.RS/S:BBC)

leave a reply
Posting terakhir

Israel hentikan pasokan air bersih ke Gaza

Jalur Gaza, SPNA - Israel menghentikan pasokan air minum untuk Jalur Gaza sejak Rabu lalu, Quds Press melaporkan pada hari Senin (19/03/2018). Langkah tersebut dilakukan tanpa pemberitahuan sebelumnya.