Qatar bawa koper berisi 15 juta dolar bantuan untuk Gaza

Jalur Gaza, SPNA - Sejumla situs Israel melaporkan bahwa Tel Aviv mengizinkan Qatar memasukkan  3 unit koper berisi uang sebesar 15 juta Dolar  ....

BY 4adminEdited Sat,10 Nov 2018,10:37 AM

Jalur Gaza, SPNA - Sejumla situs Israel melaporkan bahwa Tel Aviv mengizinkan Qatar memasukkan  3 unit koper berisi uang sebesar 15 juta Dolar  ke Jalur Gaza untuk membayar gaji karyawan Gaza.

Menurut situs i24news, Jum’at (09/11/2018) dana tersebut dibawa oleh delegasi Qatar Muhammad el Emadi ke Jalur Gaza melalui Beit Hanoun.

Sumber menambahkan bahwa PBB tidak terlibat dalam transfer dana tersebut.

Sementara itu pegawai pemerintah Gaza dilaporkan sudah menuju kantor pos untuk mengambil gaji mereka yang didanai oleh pemerintah Qatar.

Jalur Gaza adalah wilayah yang terisoliasi akibat blokade Israel yang telah berlangsung selama lebih dari 11 tahun.

Di masa itu, Gaza hancur lebur akibat 3 perang besar tahun 2009, 2012 serta 2014 yang melumpuhkan seluruh sektor kehidupan di Gaza termasuk pertanian. 

Situasi ini diperparah setelah Pemerintah AS bulan lalu menghentikan donasinya terhadap Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA yang merupakan tulang punggung sebagian besar rakyat Gaza.

Selain itu, Pemerintah AS bulan lalu juga menghentikan donasinya kepada Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA yang merupakan tulang punggung sebagian besar rakyat Gaza.

Situasi sulit ini memaksa warga Gaza menggelar aski masal “Great March of Return”, menuntut Israel untuk menghapus blokade yang membuat warga Gaza sengsara serta memulangkan pengungsi Palestina ke tanah air.

Serangan dan tindak kekerasan pasukan pertahanan Israel (IDF) terhadap warga Gaza sejak 30 Maret silam hingga saat ini diperkirakan menelan 210 korban jiwa.

Hingga saat ini ucaha gencatan senjata antara Gaza dan Israel masih terus dilakukan oleh pemerintah Mesir dimana Israel diharuskan tidak menghambat bantuan Qatar ke Jalur Gaza.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply