Mladenov khawatir Israel tembak demonstran dengan peluru tajam

Yerusalem, SPNA - Koordinator khusus PBB untuk perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, ......

BY 4adminEdited Tue,20 Nov 2018,01:33 PM

Yerusalem, SPNA - Koordinator khusus PBB untuk perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, Senin (19/11/2018), mengatakan bahwa Gaza di ambang ledakan emosi, blokade Israel harus segala dihilangkan.

“Kami sangat khawatir melihat Israel menggunakan peluru tajam untuk menyerang warga sipil Palestina.” Kata Mladenov.

Pernyataan tersebut disampaikan  Kordinator khusus PBB tersebut dalam laporan yang diserahkannya kepada Dewan Keamanan PBB yang sedang mengadakan pertemuan di New York.

“Kita harus bisa menjamin keselamatan warga Gaza, tidak mungkin mereka akan terus bersabar untuk menjadi korban.” Tutur Mladenov.

Ia juga menambakan bahwa keberhasilan mediasi internasional untuk mendinginkan hubungan Gaza-Israel tergantung keinginan dua belah pihak untuk berdamai. Mladenov menyeru Israel untuk tidak menggangu proses pengiriman barang dari dan ke Gaza.

Sejak 30 Maret lalu, ribuan warga mengadakan unjuk rasa di perbatasan Gaza-Israel menuntut penghapusan blokade yang sudah berlangsung sejak lama. Mereka juga menuntut kembali ke perkampungan mereka yang diusir darinya pada tahun 1948.

Mladenoov mengatakan proses pemukiman yang dilakukan Israel di wilayah Palestina yang diduduki merupakan tindakan illegal sesuai dengan Undang-Undang Internasional.

(T.HN/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Pasukan Israel Tembak Pemuda Palestina Pakai Peluru Tajam di Jenin

Sejumlah sumber lokal melaporkan bahwa seorang pemuda Palestina dari kota Silat Al-Harithiya terluka akibat peluru tajam di tangan ketika berada di desa Anin. Pasukan pendudukan Israel memukulinya, sebelum ia dipindahkan ke Rumah Sakit Pemerintah Syuhada Khalil Suleiman di kota Jenin.