24 jam setelah membatalkan resolusi kecaman terhadap Hamas, PBB resmikan 8 resolusi dukung Palestina

New York, SPNA - Majelis Umum PBB didukung sebagian besar negara meresmikan 8 keputusan penting ....

BY 4adminEdited Sat,08 Dec 2018,01:26 PM

New York, SPNA - Majelis Umum PBB didukung sebagian besar negara meresmikan 8 keputusan penting yang mendukung Palestina.

Resolusi tersebut ditetapkan 24 jam setelah PBB membatalkan resolusi kecaman terhadap Hamas yang diajukan AS, seperti dilansir Rt Arabic, Jum’at (07/12/2018).

Resolusi tersebut juga membicarakan pelanggaran hukum yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina, di Yerusalem Timur, permukiman Israel dan dataran tinggi Golan serta penerapan hukum melindungi rakyat sipil disaat perang yang diresmikan di Jenewa tangal 12 Agustus 1949. 

PBB juga menegaskan akan membentuk lembaga khusus yang ditugaskan untuk meneliti pelanggaran hukum yang dilakukan Israel terhadap warga Palestina, properti pengungsi, serta operasional UNRWA.

Sebelumnya Majelis Umum PBB membatalkan resolusi yang diajukan AS terkait “kecaman terhadap serangan roket Hamas di wilayah Israel serta memasukkan gerakan perlawanan tersebut dalam daftar teroris”, karena tidak didukung 80% negara internasional.

Hal ini membuat berang pemerintah Israel yang menyatakan negara-negara penentang keputusan tersebut ‘’tidak tahu malu’’.

Sebelumnya PBB juga menetapkan keputusan yang diajukan Irlandia terkait “perdamaian menyeluruh di Timur Tengah dibawah keputusan PBB terkait”.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir