Meski menuai protes, Knesset tegaskan Netanyahu sebagai menteri pertahanan permanen

Parlemen Israel Knesset, Senin (17/12/2018), melakukan pemungutan suara untuk merumuskan pengangkatan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu sebagai perdana menteri permanen. Pemungutan suara ini terjadi satu bulan pasca pengunduran diri Avigdor Liberman, yang menentang kebijakan Israel terhadap Gaza.

BY 4adminEdited Tue,18 Dec 2018,05:05 PM

MEMO - Yerusalem

Yerusalem, SPNA – Parlemen Israel Knesset, Senin (17/12/2018), melakukan pemungutan suara untuk merumuskan pengangkatan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu sebagai perdana menteri permanen. Pemungutan suara ini terjadi satu bulan pasca pengunduran diri Avigdor Liberman, yang menentang kebijakan Israel terhadap  Gaza.

Terlepas dari kritik terhadap dirinya yang memegang beberapa jabatan kunci dalam kemeneterian, Netanyahu pada saat yang sama menyatakan bahwa Israel sedang berada dalam kampanye militer, di mana dia –menurut klaim Netanyahu- adalah satu-satunya sosok yang mampu mengendalikan negara.

Selain menjabat sebagai perdana menteri, saat ini Netanyahu juga menjabat sebagai menteri luar negeri, menteri pertahanan, menteri kesehatan serta menteri imigrasi dan penyerapan. Meski menjabat sebagai menteri pertahanan sejak Liberman mengundurkan diri pada 18 November, sejauh ini Netanyahu hanya berperan sebagai pengganti sementara, yang hanya bisa berlangsung selama tiga bulan dan tidak boleh lebih.

Penunjukan permanen disahkan di Knesset dengan mayoritas suara, yaitu 59 suara mendukung sementara 56 lainnya menolak.

Menteri dari partai Rumah Yahudi, Naftali Bennett dan Ayelet Shaked, yang sebelumnya mengatakan mereka akan abstain, akhirnya mendukung penunjukan Netanyahu itu.

Bulan lalu, Bennett mengancam akan meninggalkan koalisi dan menggulingkan pemerintah, tetapi akhirnya menarik ultimatumnya.

Anggota parlemen oposisi mengkritik keras pengangkatan itu.

"Negara Israel tidak dapat mempertahankannya sebagai menteri pertahanan," kata pemimpin partai Yesh Atid Yair Lapid, dan menambahkan bahwa Netanyahu telah gagal menahan gelombang serangan teror warga Palestina di bulan pertamanya sebagai kepala pertahanan.

Pemimpin oposisi Tzipi Livni menyebut penunjukan itu sebagai hal yang "menakutkan," dan "kelemahan politik" Netanyahu - yang ia cirikan dengan menyerah pada tuntutan dari kedua pemukim dan kelompok teror Hamas - "adalah apa pun kecuali keamanan."

Pekan lalu, Netanyahu mengatakan kepada kabinetnya bahwa dia akan dilantik sebagai menteri pertahanan permanen pekan ini, tunduk pada suara Knesset, dan berencana untuk menunjuk orang lain sebagai menteri imigrasi dan penyerapan minggu ini dan satu lagi sebagai menteri luar negeri dalam waktu satu bulan.

Netanyahu telah menjabat sebagai menteri luar negeri sejak pembentukan pemerintahannya pada tahun 2015. Langkah ini dibenarkannya dengan klaim bahwa hal itu sebagai langkah untuk menarik oposisi Persatuan Zionis agar bergabung dengan pemerintah.

Beberapa anggota partainya sendiri awalnya marah karena dia tidak menunjuk salah satu dari mereka sebagai menteri luar negeri, di mana menteri senior dari pasrtai Likud Gilad Erdan dan Israel Katz mengklaim telah dijanjikan jabatan menteri oleh Netanyahu.

Pada bulan April 2016, partai Yesh Atid mengajukan petisi ke Pengadilan Tinggi terhadap jumlah jabatan menteri yang dicadangkan Netanyahu untuk dirinya sendiri pada saat itu, yaitu: menteri kesehatan, menteri kerjasama regional, menteri komunikasi, dan menteri urusan luar negeri, serta perdana menteri.

Pengadilan memutuskan bahwa perdana menteri dapat terus memegang keempat jabatan menterinya, tetapi tiga hakim memberinya delapan bulan untuk mengurangi beban jabatan itu, dan mengatakan mereka mungkin meninjau situasi jika dia tidak melakukannya, Haaretz melaporkan pada saat itu.

Para hakim mengatakan bahwa sulit untuk dipercaya Netanyahu dapat mengelola begitu banyak kementerian, yang tidak sesuai dalam demokrasi.

Menyusul pengunduran diri Liberman atas "kapitulasi Israel untuk teror" di Gaza, ketua partai Rumah Yahudi, Bennett -yang awalnya diminta untuk menjabat sebagai menteri pertahanan- mengatakan bahawa partainya akan meninggalkan pemerintah jika ia tidak ditunjuk ke posisi itu. Tapi Netanyahu menyebut gertakan itu dan Bennett, yang menjabat sebagai menteri pendidikan, mundur dari ultimatum.

Pada hari Minggu Bennett bergabung dalam sebuah protes di Yerusalem, yang menyerukan tanggapan lebih keras terhadap sejumlah serangan teror baru-baru ini di Tepi Barat, dan mengatakan bahwa Netanyahu telah "menjanjikan perubahan dalam kebijakan, untuk memulihkan kekuasaan" atas musuh-musuh Israel, tetapi "yang hal itu belum terwujud.”

Dia kemudian bentrok dengan perdana menteri pada pertemuan kabinet mingguan, dan menyalahkannya atas serangan dan potensi wabah baru yang diperbarui, kekerasan serius di wilayah tersebut.

Netanyahu mengalami pukulan ketika sebuah berita TV Hadashot merilis sebuah jajak pendapat yang menunjukkan bahwa mayoritas orang Israel tidak senang dengan penampilannya sebagai kepala militer Israel.

Menurut jajak pendapat, hanya tujuh persen responden mengatakan mereka "sangat senang" dengan Netanyahu sebagai menteri pertahanan, sementara 26% lainnya mengatakan mereka "puas." Sebaliknya, 25% mengatakan mereka "tidak puas" dan 33% mengatakan mereka “sangat tidak senang.”

(T.RA/S: Times of Israel)

leave a reply
Posting terakhir