Forum DK PBB, Cina: Israel harus segera hentikan pembangunan permukiman baru

New York, SPNA - Duta Besar Cina untuk PBB mengatakan perdamaian Timur Tengah akan tercapai apabila masing-masing pihak memperbaiki diri sendiri. Dewan Keamanan PBB  harus segera ....

BY 4adminEdited Wed,19 Dec 2018,12:47 PM

New York, SPNA - Duta Besar Cina untuk PBB mengatakan perdamaian Timur Tengah akan tercapai apabila masing-masing pihak memperbaiki diri sendiri. Dewan Keamanan PBB  harus segera menciptakan suasana baru untuk menjamin terjalinnya perdamaiaan antara Palestina dan Israel.

Ia juga mengajak DK PBB untuk segera menekan Israel agar menghentikan aktivitas pembangunan permukiman baru dan membuka blokade terhadap Gaza. Serta mendukung UNRWA yang memberikan perhatian besar kepada para pengungsi Palestina.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam forum Dewan Keamanan PBB yang membahas kondisi keamanan Timur Tengah, termasuk di dalamnya kasus Palestina, Selasa (18/12/2018), di New York.

Utusan Cina tersebut juga menekankan pentingnya untuk segera menyelesaikan kasus pembagian wilayah Yerusalem, serta kasus-kasus warga Palestina lainnya dengan adil. Sehingga Palestina dapat berdiri sendiri sebagai negara yang berdaulat dengan ibukotanya Yerusalem Timur.

Utusan khusus PBB untuk perdamaian Timur Tengah, Nickolay Mladenov, dalam forum tersebut juga menyampaikan bahwa Israel telah menentang resolusi internasional, membunuh anak-anak dan memperluas permukiman baru ilegal.

(T.HN/S:Palsawa)

leave a reply