Pasca penarikan Pasukan dari Suriah, Pompeo pastikan dukungan tetap Amerika untuk Israel

Washington, SPNA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menegaskan bahwa keputusan Amerika untuk menarik pasukannya dari Suriah tidak .....

BY 4adminEdited Wed,02 Jan 2019,12:12 PM

Washington, SPNA - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, menegaskan bahwa keputusan Amerika untuk menarik pasukannya dari Suriah tidak mengurangi sedikitpun dukungan negara tersebut untuk Israel.

Ia mengatakan, “Keputusan Presiden untuk menarik pasukan dari Suriah tidak mengurangi sedikipun dukungan Amerika kepada Israel.”

“Upaya untuk memerangi ISIS, menghentikan kejahatan Iran, keamanan wilayah Timur Tengah dan Israel masih tetap sama seperti sedia kala.”

Pernyataan Menteri Luar Negeri AS tersebut disampaikan pasca pertemuannya dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di Brazil, di sela acara pengambilan sumpah Presiden baru Brazil, Jair Bolsonaro, Selasa (01/01/2019).

Sebelum pertemuan, Netanyahu telah mengutarakan agenda pertemuannya dengan Pompeo. Ia berniat membicarakan kerja sama Israel-Amerika dalam bidang inteligen dan usaha untuk membendung ancaman Iran di Timur Tengah.

Pasca pengumuman Donald Trump, Netanyahu mengatakan Israel akan meningkatkan eskalasi serangan mereka terhadap pasukan sekutu Iran yang ada di Suriah.

Keputusan Donald Trump untuk menarik pasukannya dari Suriah membuat para elit politik AS terkejut.

Menteri Pertahanan Amerika, James N. Mattis, langsung mengundurkan diri dari jabatannya pasca pengumuman tersebut. Dalam pidato pengunduran diri, Mattis mengatakan, Trump akan mendapatkan orang lain yang sejalan dengan pimikirannya.

(T.HN/S:Aljazeera)

leave a reply
Posting terakhir