Pemukim Yahudi menyerang konvoi pejabat Palestina di Tepi Barat

Sumber-sumber lokal melaporkan, para pemukim Yahudi pada hari Kamis (03/01/2019) menyerang konvoi yang membawa Menteri Urusan Agama Palestina Yousef Adais di dekat kota Salfit, Tepi Barat.

BY 4adminEdited Fri,04 Jan 2019,11:27 AM

Yeni Safak - Tepi Barat

Tepi Barat, SPNA - Sumber-sumber lokal melaporkan, para pemukim Yahudi pada hari Kamis (03/01/2019) menyerang konvoi yang membawa Menteri Urusan Agama Palestina Yousef Adais di dekat kota Salfit, Tepi Barat.

“Para pemukim menyerang konvoi dengan batu; satu mobil rusak, meskipun tidak ada yang dilaporkan terluka,” kata satu sumber informasi.

Sebelumnya, pemerintah Palestina mengatakan bahwa konvoi yang membawa Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah telah menjadi sasaran serangan serupa oleh pemukim di dekat Nablus pekan lalu.

"Konvoi PM diserang oleh sekelompok pemukim Yahudi yang melempari batu di dekat pos pemeriksaan Zatara," demikian bunyi pernyataan pemerintah.

Utusan Timur Tengah PBB Nickolay Mladenov mengutuk serangan terhadap konvoi Hamdallah tersebut.“Ini insiden yang sangat mengkhawatirkan. Ini benar-benar tidak dapat diterima dan pelakunya harus diadili,” kata Mladenov.

Menurut angka Israel, serangan anti-Palestina oleh pemukim Yahudi di Tepi Barat yang diduduki - termasuk Yerusalem Timur - naik 60 persen tahun lalu dibandingkan tahun 2017.

Lebih dari 650.000 pemukim Yahudi sekarang hidup di 196 pemukiman (yang dibangun dengan persetujuan pemerintah Israel) dan lebih dari 200 "pos" pemukim (dibangun tanpa persetujuannya) di Tepi Barat, menurut angka Palestina.

(T.RA/S: Yeni Safak)

leave a reply
Posting terakhir