Shin Bet: Investasi Cina di Israel menimbulkan ancaman keamanan

Yerusalem, SPNA - Kepala dinas keamanan Shin Bet memperingatkan dalam pekan ini bahwa investasi besar-besaran Cina di Israel dapat ....

BY 4adminEdited Thu,10 Jan 2019,11:52 AM

Yerusalem, SPNA - Kepala dinas keamanan Shin Bet memperingatkan dalam pekan ini bahwa investasi besar-besaran Cina di Israel dapat menimbulkan bahaya bagi keamanan nasional, Chanel 10 melaporkan, Rabu (09/01/2019).

"Pengaruh Cina di Israel sangat berbahaya dalam hal infrastruktur strategis dan investasi di perusahaan-perusahaan besar," kata Nadav Argaman pada pidato tertutup di Universitas Tel Aviv pada hari Senin.

Argaman - yang dalam pidatonya juga memperingatkan campur tangan asing dalam pemilihan Israel yang akan datang. Dia mengungkapkan bahwa perusahaan-perusahaan Cina akan mengambil alih operasi bagian dari pelabuhan Haifa dan membangun sistem kereta ringan Tel Aviv, dan secara aktif berusaha untuk mengakuisisi perusahaan-perusahaan besar Israel lainnya.

"Hukum Israel memiliki kekurangan sehubungan dengan kebutuhan keamanannya dalam hal mengawasi investasi asing," katanya menurut Channel 10. "Ini bisa berbahaya, undang-undang diperlukan."

Cina dan Israel telah meningkatkan hubungan perdagangan dan bisnis dalam beberapa tahun terakhir dan meluncurkan pembicaraan perdagangan bebas.

Perusahaan-perusahaan Cina telah membuat terobosan besar di Israel, termasuk pengambilalihan raksasa makanan lokal Tnuva pada 2014 dan kesepakatan untuk mengelola pelabuhan Haifa dan Ashdod.

Menurut laporan media Israel, kekhawatiran meningkatnya keterlibatan Cina di sektor-sektor yang penting bagi keamanan nasional menyebabkan Kementerian Keuangan membatalkan kesepakatan untuk membeli perusahaan asuransi Clal dan Phoenix pada 2016 dan 2017.

Argaman dilaporkan terlibat dalam keputusan itu.Selama kunjungannya ke Israel minggu lalu, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mendorong para pejabat Israel untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap produsen elektronik China ZTE dan Huawei.

"Kita semua prihatin dengan pencurian kekayaan intelektual dan perusahaan telekomunikasi Cina yang digunakan oleh Cina untuk tujuan pengumpulan intelijen," kata seorang pejabat senior pemerintah yang diberi pengarahan tentang perundingan, menurut Reuters.

Menurut laporan itu, pemerintah tidak ingin ada hambatan untuk dapat berbagi informasi sensitif dengan Israel. Senior itu menyuarakan keprihatinan tentang teknologi dan investasi Cina di pelabuhan Haifa.

"Kami secara khusus memasukkannya ke dalam agenda," kata pejabat itu.

Beberapa analis dan pejabat dalam beberapa pekan terakhir menyatakan keprihatinan mereka atas kesepakatan yang akan menempatkan Shanghai International Port Group bertanggung jawab atas terminal peti kemas pelabuhan Haifa mulai tahun 2021.

Membiarkan Beijing berpijak di lokasi yang begitu strategis, dekat dengan pangkalan angkatan laut Israel, membuat mereka khawatir bahwa hal ini dapat membahayakan aset intelijen Israel. Bahkan bisa memimpin kapal militer AS untuk menghindari dermaga di Haifa sama sekali.

Menurut sumber yang mengetahui masalah ini, Kementerian Perhubungan melakukan kesalahan besar ketika memilih Cina tanpa berkonsultasi dengan Dewan Keamanan Nasional.

Dalam pidatonya pada hari Senin, Argaman juga memperingatkan bahwa negara asing "bermaksud untuk campur tangan" melalui serangan cyber dalam pemilihan nasional Israel pada bulan April.

"Sebuah negara asing berencana melakukan intervensi dalam pemilihan mendatang di Israel," kata Argaman seperti dikutip oleh berita Hadashot. "Saya tidak tahu pada tahap ini dalam mendukung siapa atau melawan siapa."

Sensor militer Israel melarang publikasi apa yang dikatakan Argaman, termasuk negara yang disebutkan dalam pidatonya, namun dengan cepat menunjuk ke Rusia.

Shin Bet kemudian mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Israel "memiliki alat untuk menemukan, memonitor dan menggagalkan upaya pengaruh asing, jika ada."

Pada hari Rabu, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa sebagai pemimpin dunia dalam pertahanan dunia maya, Israel dapat menangkis campur tangan asing dalam pemilihan mendatang.

"Israel siap untuk menggagalkan intervensi dunia maya, kami siap untuk setiap skenario dan tidak ada negara yang lebih siap dari kami," katanya kepada wartawan.

Sementara itu, Rusia pada hari Rabu membantah spekulasi media sosial bahwa mereka adalah pihak yang berencana mengganggu pemilihan Israel.

"Rusia tidak pernah ikut campur dalam pemilihan di negara mana pun dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya di masa depan," kata juru bicara kepresidenan Dmitry Peskov dalam komentar yang disampaikan oleh kedutaan Rusia di Israel.

Moskow dituduh berusaha mempengaruhi berbagai pemilihan di seluruh Eropa - dan pemilihan presiden AS pada tahun 2016 - melalui kampanye disinformasi.

(T.RA/S: Times of Israel)

leave a reply
Posting terakhir