Ribuan warga Palestina gelar unjuk rasa tentang 'Perjanjian Abad Ini' di Ramallah

Ramallah, SPNA - Ratusan warga Palestina, Sabtu (12/01/2019), melakukan unjuk rasa di pusat kota Ramallah, timur Yerusalem, ....

BY adminEdited Sun,13 Jan 2019,09:59 AM

Ramallah, SPNA - Ratusan warga Palestina, Sabtu (12/01/2019), melakukan unjuk rasa di pusat kota Ramallah, timur Yerusalem, untuk menolak agenda ‘Perjanjian Abad Ini’ yang diajukan Amerika . Warga juga menuntut diakhirinya perpecahan lokal Palestina.

Unjuk rasa yang  diselenggarakan oleh Komunitas Demokratik Palestina tersebut, berlangsung di bundaran Manarah di pusat kota Ramallah. Diikuti oleh ratusan warga Palestina dari berbagai provinsi Tepi Barat. 

Para demostran menolak rencana perdamaian Amerika yang disebut dengan Perjanjian Abad ini. Mereka juga menuntut diakhirinya perpecahan antara Hamas dan Fatah.

Pengunjuk rasa menyeru dan meneriaki slogan-slogan persatuan Palestina untuk melawan konspirasi Israel dan Amerika.

Kesenjagan geografis dan politik antara Gaza dan Tepi Barat bermula saat Hamas mulai menguasai Gaza pada tahun 2007. Berbagai solusi perdamaian gagal menyatukan dua gerakan politik Palestina tersebut.

Banyak hasil perjanjian rekonsiliasi antara Hamas Dan Fatah tidak berhasil dilaknakan. Salah satunya kesepakatan yang ditandatangai di Kairo pada awal oktober 2017.

Kegagalan tersebut disebabkan oleh beberapa perkara buntu antar kedua kubu. Di antaranya pengaktifan pemerintah di Gaza dan kasus karyawan yang ditunjuk Hamas sejak menguasai Gaza.

Ketegangan kedua kubu yang samakin memanas,  berimbas kepada langkah-langkah keamanan dan politik serta pemberitaan media. Situasi tersebut menguntungkan pihak-pihak yang ingin melanggengkan agenda Perjanjian Abad ini.

(T.HN/S:Qudspress)  

leave a reply