Pertama kali dalam sejarah, Amerika beli perlengkapan perang dari Israel

Tel Aviv, SPNA - Media Israel memberitakan Amerika Serikat berencana .....

BY 4adminEdited Thu,17 Jan 2019,10:06 AM

Tel Aviv, SPNA - Media Israel memberitakan Amerika Serikat berencana membeli dua perangkat senjata anti-rudal milik Israel.

Surat kabar Israel, Yedioth Ahronoth, Rabu (16/01/2019), menuliskan Pemerintah AS mengajukan permohonan dana sebesar 373 juta USD kepada Kongres untuk membeli dua unit senjata anti rudal buatan Israel.

Membeli perlengkapan militer dari negara lain adalah hal yang tidak biasa bagi Amerika. Ini juga merupakan pertamakalinya Israel menjual senjata untuk negara Paman Sam tersebut.

Senjata anti rudal atau iron dome tersebut biasanya digunakan Israel untuk membendung roket yang ditembakkan pejuang Palestina ke Israel. Namun tidak sepenuhnya berkerja, dalam beberapa kesempatan, rudal Palestina selalu dapat menembus perbatasan dan jatuh di wilayah Israel.

Berbeda dengan Amerika, iron dome tersebut tidak digunakan untuk melindungi perbatasan. Perangkat tersebut diperuntukkan sebagai tameng pasukan Amerika yang dikirim ke luar negeri.

Yedioth Ahronoth menyebutkan, beberapa tahun terakhir Amerika memang sedang mencari senjata yang dapat digunakan untuk melindungi pasukan ketika bertugas di luar negeri. Mereka mencari perangkat yang dapat menahan serangan roket, rudal jelajah, drone dan berbagai jenis serangan lainnya di medan perang.

Amerika Serikat kabarnya akan mendapat pesanannya tersebut pada tahun 2020 mendatang.

(T.HN/S: Andolu)

leave a reply
Posting terakhir