Para Menteri Luar Negeri Arab ajak negara Internasional boikot Israel

Beirut, SPNA - Menteri Luar Negeri dari negera-negara Arab dan negara yang tergabung dalam Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) pada rapat persiapan KTT ....

BY 4adminEdited Sun,20 Jan 2019,12:44 PM

Beirut, SPNA - Menteri Luar Negeri dari negera-negara Arab dan negara yang tergabung dalam Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC) pada rapat persiapan KTT Pembangunan Ekonomi dan Sosial Arab, Sabtu (19/01/2019), mengajak dunia internasional untuk memboikot Israel.

Mereka menyebutkan bahwa memboikot Israel merupakan satu-satunya cara untuk menghentikan penjajahan.

Para Menlu Arab tersebut mengajak seluruh lembaga dan organisasi, perusahaan serta pengusaha untuk  memutuskan hubungan dengan rezim kolonial Israel.

Aktivitas perluasan hunian baru Israel bertujuan untuk menguasai berbagai penghasilan bumi Palestina. Hal tersebut menjadi faktor utama yang memperlambat pertumbuhan ekonomi dan menciptakan krisis kemanusian di Palestina.

Dewan Ekonomi dan Sosial tersebut juga menyerukan Brazil untuk membatalkan rencana pemindahan kedutaan besar dari Tel Aviv ke Yerusalem. Negara Arab juga tidak menjamin hubungan kerjasama mereka akan tetap terjaga jika Brazil menjalankan rencanan tersebut. Brazil merupakan negara pemasok daging ke negara-negara Arab.

Selain itu, para menteri tersebut juga mengajak semua pihak untuk terus mendukung badan PBB yang bertugas memperhatikan nasib para pengungsi Palestina, UNRWA. Serta bersama-sama membantu proses pemulangan para pengungsi Suriah ke rumah mereka, khususnya ke wilayah-wilayah yang telah bebas dari ancaman perang.

KTT Pembangunan Ekonomi dan Sosial Arab akan berlangsung hari ini, Minggu (20/01/2019), di Beirut.

Presiden Palestina Mahmud Abbas telah menyampaikan permohonan maaf karena tidak dapat menghadiri pertemuan tersebut. Abbas saat ini sedang berada di New York pasca penerimaan jabatan sebagai ketua Forum G-77 dan Cina.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Pompeo ajak negara Arab tidak boikot produk Israel

Menanggapi keputusan Liga Arab yang mengambil posisi menentang keputusan Amerika Serikat terkait permukiman ilegal, Mike Pompe, Menteri Luar Negari AS, ajak negara Arab tetap jalin hubungan dengan Israel agar terciptanya keamanan di wilayah Timur Tengah.