Lima belas tahanan Palestina di penjara Israel alami gangguan kesehatan serius

Belasan tahanan Palestina di penjara Ramla Israel mengalami gangguan kesehatan serius. Mereka membutuhkan perawatan mendesak dan penanganan khusus.

BY 4adminEdited Wed,30 Jan 2019,02:48 PM

Ramallah, SPNA - Badan Pemerhati Tahanan Palestina mengatakan terdapat sekitar 15 tahanan Palestina di penjara Israel yang sedang mengalami krisis kesehatan serius.

Dalam sebuah pernyataannya pada hari Selasa kemarin (29/01/2019), Badan tersebut menyebutkan 15 tahanan Palestina yang berada di sel tahanan Ramla sedang dalam kondisi kritis. Namun demikian Israel tidak membolehkan pihak luar untuk memantau kesehatan mereka.

Karim Ajwah yang menjabat sebagai pengacara komisi tersebut mengkonfirmasikan, salah seorang tawanan, Abu Diyak, mengalami kanker usus. Kondisinya terus memburuk tanpa ada penanganan serius dari pihak Israel.

Menurut pengakuan Ajwah, Abu Diyak setiap hari mengkonsumsi delapan jenis obat penenang untuk menghilangkan rasa sakitnya. Ia juga mengalami sesak nafas dan sulit berjalan. Bahkan ia tidak dapat beristirahat akibat rasa sakit di lambung.

Terdapat enam ribu tahanan yang saat ini mendekam dibalik jeruji besi penjara Israel. Di antara mereka adalah anak-anak yang berjumlah 250 orang, 54 perempuan, 8 anggota legislatif, 27 wartawan, 450 tahanan administrasi.

Menurut data dari Pihak Palestina, 750 tahanan Palestina tersebut dalam kondisi sakit, 200 di antaranya membutuhkan penanganan mendesak dan khusus.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir