Resmi, USAID stop bantuan untuk Palestina

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menangguhkan program bantuan untuk Tepi Barat dan Jalur Gaza atas permintaan pemerintah Palestina.

BY 4adminEdited Sat,02 Feb 2019,12:55 PM

Ramallah, SPNA - Pemerintah Amerika Serikat, Jum’at (01/02/2019) mengatakan bahwa Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) telah menghentikan seluruh bantuannya terhadap Tepi Barat dan Jalur Gaza.

“USAID telah menangguhkan program bantuan untuk warga Palestina di Tepi Barat dan Jalur Gaza atas permintaan pemerintah Palestina, ‘’ ujar seorang pejabat AS yang tidak disebutkan namanya seperti dilansir Rt Arabic, Sabtu (02/01/2019).

Saeb Erakat mengatakan kamis lalu bahwa bantuan AS untuk lembaga keamanan Palestina akan di stop hari Jum’at atas permintaan pemerintah Palestina demi menghindari tudingan pengadilan AS terkait dukungan terhadap terorisme.

Sekretaris Badan Eksekutif PLO tersebut mengatakan bahwa Perdana Menteri Rami Hamdallah telah menyurati Kementerian Luar Negera Amerika Serikat untuk meminta penghentian dana bantuan USAID  Akhir Januari 2019.

 Hal ini demi menghidari tudingan pengadilan AS dalam  undang-undang “anti-terorisme” yang baru diresmikan akhir 2018 lalu.

Berdasarkan undang-undang tersebut, setiap pemerintah yang mendapatkan bantuan Amerika Serikat harus tunduk terhadap undang-undang anti-terorisme. “AS telah meresmikan UU tersebut, namun kami akan terus menghentikan aksi terorisme di kawasan, ‘’ ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kantor USAID yang telah beroperasi sejak 1967 akan ditutup hari ini. Ratusan pegawai juga akan diesktradisi serta seluruh beasiswa terhadap mahasiswa Palestina dari lembaga tersebut dihentikan.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir