PBB desak pemberian hak penuh kepada anak-anak terlantar Suriah

Sebuah lembaga pengawas PBB mendesak Suriah untuk memberikan hak penuh kepada anak-anak yang terlantar di wilayah itu. Badan pengungsi PBB mengatakan 5,6 juta pengungsi Suriah tinggal di lima negara tetangga - Turki, Lebanon, Yordania, Mesir, dan Irak - dan belum aman bagi mereka untuk kembali.

BY 4adminEdited Fri,08 Feb 2019,10:54 AM

MEMO - Damaskus

Damaskus, SPNA - Sebuah lembaga pengawas PBB, Kamis (07/02/2019), mendesak Suriah untuk memberikan hak penuh kepada anak-anak yang terlantar di wilayah itu. Tercatat bahwa ribuan orang telah terbunuh, disiksa atau diperbudak selama perang saudara di negara tersebut, Reuters mewartakan.

Pakar hak asasi manusia mengatakan bahwa semua anak yang tinggal di daerah yang dikuasai oposisi dan kembali sebagai pengungsi harus diberikan dokumen resmi dan akses penuh ke layanan kesehatan, pendidikan dan sosial.

Banyak keluarga yang terlantar atau terkepung tidak dapat mendaftarkan kelahiran akibat perang yang masih berlangsung, namun didenda karena terlambat melakukan pendaftaran, kata Komite PBB untuk Hak-Hak Anak.

Panel yang terdiri dari 18 ahli independen itu mengeluarkan temuannya setelah peninjauan dua hari atas catatan Suriah selama konflik.

"Komite sangat prihatin dengan anak-anak yang tidak terdaftar ... khususnya mereka yang kehilangan tempat tinggal atau tinggal di daerah yang terkepung dan sulit dijangkau," kata anggota panel Jorge Cardona dalam jumpa pers.

Anak-anak dengan ibu Muslim dan ayah non-Muslim, atau orang tua yang belum menikah atau lahir sebagai akibat dari pemerkosaan didiskriminasi. "Kami meminta negara untuk mengubah hukum untuk menghindari situasi ini, yang menghasilkan anak-anak yang tanpa kewarganegaraan," kata Cardona.

Yasser Kelzy, dari kementerian dalam negeri Suriah, mengatakan kepada panel bahwa registrasi kelahiran telah menjadi tantangan besar masa perang, tetapi bahwa kantor status sipil terpadu sedang dibentuk.

Panel mengutip informasi yang dapat dipercaya tentang "ribuan anak-anak yang tewas" dalam serangan selama perang termasuk dengan "senjata yang tidak pandang bulu, tidak proporsional, atau tidak sah."

Anak-anak telah disiksa dalam penahanan, yang lainnya direkrut secara tidak sah oleh pihak yang bertikai atau menjadi subjek kekerasan seksual, katanya, menyerukan penyelidikan atas kemungkinan kejahatan perang.

Presiden Bashar al-Assad mengklaim bahwa sebagian besar negara itu telah hidup dalam perang saudara selama hampir delapan tahun, meskipun kesepakatan damai tetap sulit dipahami.

Badan pengungsi PBB mengatakan 5,6 juta pengungsi Suriah tinggal di lima negara tetangga - Turki, Lebanon, Yordania, Mesir, dan Irak - dan belum aman bagi mereka untuk kembali.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply