Opini: Palestina tidak butuh 'konferensi perdamaian internasional' yang menolak strategi pembebasan

Gaza, SPNA - Media Palestina melaporkan bahwa Presiden Mahmoud Abbas telah meminta Uni Afrika (UA) untuk mendukung, dan berpartisipasi dalam konferensi internasional yang ....

BY 4adminEdited Wed,13 Feb 2019,11:08 AM

Oleh: Romana Wadi

Gaza, SPNA - Media Palestina melaporkan bahwa Presiden Mahmoud Abbas telah meminta Uni Afrika (UA) untuk mendukung, dan berpartisipasi dalam konferensi internasional yang mungkin bisa “menjaga proses perdamaian.” Seperti biasa, retorika pemimpin Otoritas Palestina bergeser antara kesamaan di Palestina dan Perjuangan Afrika melawan kolonialisme, sembari meminta dukungan dalam mempromosikan kepentingan internasional di Palestina.

Dalam pidatonya kepada AU, Abbas menolak "intervensi Amerika dalam urusan negara mana pun, seperti yang terjadi sekarang di Venezuela." Namun, masih belum ada penolakan terhadap paradigma dua negara di mana AS akan terus memainkan peran penting dalam bagian ini.

PA masih membedakan antara berbagai bentuk intervensi dan memainkan permainan ini untuk merugikan Palestina. Pengenaan dua negara, yang melindungi kolonial Israel, adalah bentuk intervensi yang telah disetujui secara internasional dan karenanya menarik oposisi yang dapat diabaikan.

Namun, itu juga mungkin melemahkan dukungan untuk perjuangan Palestina. Promosi Abbas atas hipotesis dua negara sebagai satu-satunya solusi, yang menggemakan ketentuan komunitas internasional, mengkondisikan setiap dukungan yang akan datang ke dalam kompromi langsung.

Pengalaman penjajahan Afrika telah membuat benua itu terus menerus rentan. Pembentukan negara-negara bekas jajahan menghasilkan pembedaan antara ingatan perjuangan anti-kolonial dan politik rapuh yang kemudian dibentuk oleh ketergantungan pada badan-badan internasional. Politik juga telah menentukan prioritas, jadi tidak ada satu pemerintahan pun yang mau membawa PBB ke tugas memfasilitasi fasilitasi era kolonial ke dalam siklus eksploitatif yang berkelanjutan.

Bagi warga Palestina yang masih hidup di bawah lintasan kolonialisme, mencari dukungan dari pemerintah atau institusi adalah proses yang pertama-tama dan terutama terkait dengan pelestarian entitas yang secara historis mendukung upaya kolonial. Memang, pengenaan dua negara itu sendiri melegitimasi proyek kolonial yang selalu dimaksudkan oleh Israel.

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah mencoba menyusup ke benua Afrika dengan menawarkan keahlian teknologinya kepada berbagai negara imbalan dukungan diplomatik. Namun ketergantungan berjalan dua arah. Israel semakin mencari dukungan diplomatik yang dapat meningkatkan kekuatannya, daripada berusaha untuk melegitimasi politik dan keberadaannya melalui saluran yang biasa. Secara historis, ia mengandalkan kekuatan kekaisaran untuk membangun kehadiran kolonialnya. Beralih ke negara-negara yang secara politis ditentukan oleh kebutuhan adalah langkah berikutnya. Upaya ini memastikan bahwa Israel mendapat manfaat secara diplomatis dan ekonomi, sambil menciptakan kompromi yang cukup untuk mencegah emansipasi negara-negara yang menyetujui rencana-rencana Israel, serta mengurangi kemungkinan dukungan nyata bagi Palestina dan penyebab pembebasan mereka.

Abbas membuktikan dirinya tidak mampu menyarankan setiap alternatif yang menentang ketentuan internasional. Internasional dan, pada kenyataannya, struktur dan kesetiaan PA tidak mengizinkan diseminasi perjuangan anti-kolonial Palestina kecuali jika ini termasuk dalam parameter yang ditentukan dari “pembangunan perdamaian”. Seperti komunitas internasional lainnya, AU sudah mendukung paradigma dua negara. Oleh karena itu masuk akal, karena itu juga akan mendukung sesuatu yang sepele dan akhirnya tidak ada artinya sebagai "konferensi perdamaian internasional". Lewat sudah hari-hari ketika Abbas mampu menjual tebak-tebakan seperti sebuah kesuksesan.

Tuntutan rakyat Palestina berkonfrontasi langsung dengan maksud dan tujuan lembaga internasional. Sementara itu, PA menolak untuk mempertimbangkan opsi lain yang sah. Hasilnya adalah bahwa alih-alih melanjutkan perjuangan Palestina, Abbas menyerukan kepada negara-negara lain untuk mendukung intervensi diplomatik yang akan memastikan kelanjutan kolonialisme di Palestina yang diduduki. Palestina tidak membutuhkan konferensi lain yang hanya akan menolak strategi pembebasan; diperlukan tindakan positif dalam memajukan hak-hak sah rakyatnya untuk kembali ke tanah mereka dan melihat akhir pendudukan Israel.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir