Oman bantah jalin hubungan diplomatik dengan Israel

Menteri Luar Negeri Oman membantah tuduhan hubungan gelap negaranya dengan Israel. Oman menegaskan komitmen mereka untuk mendukung Palestina dan berusaha mencari jalan untuk menyelesaikan konlik.

BY 4adminEdited Tue,19 Feb 2019,12:19 PM

Muskat, SPNA - Menteri Luar Negri Oman, Yusuf bin Alawi, membantah tuduhan bahwa negara tersebut telah menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Apa yang dilakukan oleh Oman adalah upaya perdamaian untuk menyelesaikan konflik dan menjamin hak-hak warga Palestina.

Pernyataan tersebut disampaikan Yusuf dalam konferensi pers bersama di Moskow dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, Senin (18/02/2019). Yusuf menambahkan, “Kami tidak bernegosiasi atas nama seseorang, namun kami menyambut permintaan untuk menenangkan sebuah situasi.”

“Berdirinya negera Palestina yang berdaulat merupakan syarat utama dari setiap usaha perdamaian, sebagaimana yang telah digariskan oleh konsensus internasional.” Tutur Yusuf.

Menurutnya, diperlukan strategi baru untuk menyelesaikan konflik antara Palestina dan Israel. Tentunya tanpa mengubah ‘solusi dua negara’ sebagaimana yang diinginkan pihak Palestina.

Terkait Suriah, Yusuf memuji kontribusi Rusia dalam menyelesaikan konlik Suriah. Oman mendukung upaya pengembalian Suriah dalam kancah negara arab dan Liga Arab. Sikap beberapa negara Arab telah menghalangi upaya perbaikan nama Suriah di mata internasional.

Sejak kunjungan Netanyahu ke Oman dan bertemu dengan Sultan Qaboos bin Said pada Oktober 2018, banyak pihak menganggap Oman berbalik badan dan menutup mata terhadap penderitaan warga Palestina. Kunjungan Netanyahu dianggap sebagai langkah normalisasi hubungan negara-negara Arab dengan Israel.

Pekan lalu, Menlu Oman, Yusuf bin Alawi juga diberitakan duduk semeja dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dalam konferensi Warsawa di Polandia. Konferensi tersebut guna membahas ancaman Iran yang menurut Israel merupakan sumber kekacauan di Timur Tengah.

(T.HN/S: Ramallah)

leave a reply
Posting terakhir