Tuduh Polandian terlibat pembantaian Yahudi, Israel enggan minta maaf

Menteri Luar Negeri Israel, Yisrael Katz, mengatakan bahwa dirinya tidak akan meminta maaf atas tuduhan keterlibatan Polandia dalam peristiwa pembantaian warga Yahudi pada perang dunia kedua.

BY adminEdited Fri,22 Feb 2019,03:34 PM

Arabi21 - Tel Aviv

Tel Aviv, SPNA – Menterian Luar Negeri Israel, Yisrael Katz, mengatakan bahwa dirinya tidak akan meminta maaf atas tuduhan keterlibatan Polandia dalam peristiwa pembantaian warga Yahudipada perang dunia kedua.

Di salah satu stasiun TV Israel, Katz mengatakan, “Saya tidak merasa bersalah atas pernyataan keterlibatan Polandia dalam insiden Holokaus. Kebanyakan warga Palondia memang terlibat dalam aksi pembantaian tersebut bersama dengan pasukan Nazi Jerman.”

Polandia menolak Pernyataan tersebut dan meminta Israeluntuk memaksa Katz agar menarik pernyataannya. Jika tidak, Polandia mengancam akan memutuskan hubungan diplomatikdengan negara Yahudi tersebut.

Ketegangan kedua negara bermula pada Kamis lalu (13/02) saat Netanyahu mengatakan, “Saya di sini mengatakan bahwa Polandia bekerjasama dengan Nazi. Saya tidak bermasud untuk mencela, saya hanya ingin menyampaikan sebuah fakta.”

Pernyataan itu disampaikan Netanyahu saat menghadiri Konferensi Wasawa yang justru berlangsung di Polandia.

Sehari setelahnya(Jumat, 14/02), Polandia langsung memanggil Duta Besar Israel di Polandia untuk meminta konfirmasi atas pernyataan Netanyahu.

(T.HN/S: Arabi21)

 

 

leave a reply
Posting terakhir