Uni Eropa salurkan bantuan € 82 juta untuk UNRWA

EU dan UNRWA menandatangani perjanjian kontribusi di markas UNRWA di Yerusalem Timur. Perjanjian ini dimaksudkan untuk mendukung anggaran program lembaga tersebut para tahun 2019.

BY 4adminEdited Thu,28 Feb 2019,11:28 AM

PNN - Yerusalem

Yerusalem, SPNA - Perwakilan Uni Eropa (UE), Ralph Tarraf, dan Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA), Pierre Krähenbühl, menandatangani perjanjian kontribusi EU-UNRWA di markas UNRWA di Yerusalem Timur. Perjanjian ini dimaksudkan untuk mendukung anggaran program lembaga tersebut para tahun 2019.

Berdasarkan perjanjian ini, UE memberikan kontribusi vital sebesar € 82 juta guna mendukung pekerjaan pengembangan sumberdaya manusia UNRWA untuk tahun ini. Mengingat tantangan keuangan lembaga yang sedang berlangsung, UE telah sepakat untuk menyediakan totalitas pendanaannya segera setelah penandatanganan perjanjian dilakukan.

Kontribusi baru ini akan membantu menjaga akses pendidikan bagi 532.000 anak, memberikan perawatan kesehatan primer bagi lebih dari 3,5 juta pasien dan bantuan kepada lebih dari 250.000 pengungsi Palestina yang sangat rentan, serta banyak layanan lainnya, pada saat ketidakstabilan ekstrem terjadi di seluruh wilayah timur tengah.

Selama lebih dari empat dekade, Uni Eropa telah memantapkan dirinya sebagai mitra strategis utama bagi lembaga tersebut. UE juga mendukung UNRWA dalam upayanya untuk membantu para pengungsi Palestina mencapai potensi penuh mereka dalam pembangunan manusia meskipun dalam situasi yang sulit.

Pada tahun 2018, ketika lembaga ini menghadapi kekurangan keuangan yang paling signifikan sejak didirikan, UE muncul sebagai donor terbesar.

Dibangun berdasarkan komitmen dan kemitraan selama puluhan tahun, UE telah mempertahankan tingkat dukungannya untuk membantu para pengungsi Palestina.

"Kami sangat menghargai komitmen luar biasa yang ditunjukkan oleh Uni Eropa untuk menjaga martabat dan memenuhi kebutuhan para pengungsi Palestina", kata Pierre Krähenbühl.

“Kedermawanan dan konsistensi kerja sama UE layak mendapatkan pengakuan tertinggi. Ini memungkinkan UNRWA untuk membuka sekolahnya tepat waktu untuk tahun ajaran 2018-2019 dan merupakan faktor utama dalam kampanye tahun lalu yang berhasil untuk mengatasi krisis pendanaan eksistensial kami. Kami bangga dengan kemitraan ini dan berharap dapat mengembangkannya lebih lanjut pada saat yang kritis ini,” tambahnya.

Perwakilan UE di Yerusalem Ralph Tarraf mengatakan, "Setiap hari, UNRWA memberikan para pengungsi Palestina layanan-layanan penting seperti pendidikan, kesehatan dan bantuan. Di saat yang sama mempromosikan pembangunan sosial-ekonomi dan stabilitas di Timur Tengah. UE dan Negara-negara anggotanya dengan bangga mendukung kerja UNRWA dalam memberikan layanan ini kepada para pengungsi Palestina, yang harus dilihat sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari upaya UE untuk mencapai solusi dua negara yang dinegosiasikan dan perdamaian yang adil dan abadi antara Israel dan Palestina."

Ia menambahkan bahwa Mendukung UNRWA akan tetap menjadi salah satu pilar kebijakan perdamaian Timur Tengah UE.

Komitmen UE untuk para pengungsi Palestina termasuk dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk program pendidikan lembaga itu melalui "Kampanye Hidup Sehat, Ruang Sehat."

Pada tahun 2018 saja, UE merehabilitasi sekitar 65 instalasi UNRWA, termasuk sekolah dan pusat kesehatan di seluruh Timur Tengah.

UNRWA dihadapkan dengan peningkatan permintaan terhadap layanan akibat meningkatnya jumlah pengungsi Palestina yang terdaftar, tingkat kerentanan mereka dan kemiskinan mereka yang semakin dalam.

UNRWA adalah badan PBB yang didirikan oleh Majelis Umum pada tahun 1949 dan diberi mandat untuk memberikan bantuan dan perlindungan kepada sekitar 5,4 juta pengungsi Palestina yang terdaftar di UNRWA di lima bidang operasinya. Misinya adalah untuk membantu para pengungsi Palestina di Yordania, Lebanon, Suriah, Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur dan Jalur Gaza mencapai potensi pengembangan manusia sepenuhnya, sembari menunggu solusi yang adil dan abadi untuk nasib buruk mereka. Layanan UNRWA mencakup pendidikan, perawatan kesehatan, bantuan dan layanan sosial, infrastruktur dan peningkatan kemah, perlindungan dan keuangan mikro.

leave a reply