Pertemuan Netanyahu-Putin: Sistem rudal S-300 Suriah masih di bawah kontrol Rusia

Media Israel menyebutkan, pertemuan Netanyahu-Putin di Moskow beberapa hari lalu menghasilkan tiga poin penting. Salah satunya terkait ancaman sistem rudal bantuan Rusia untuk Suriah.

BY 4adminEdited Sun,03 Mar 2019,09:30 AM

Tel Aviv, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mendapatkan tiga jaminan terkait Suirah, dari Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam kunjungan terakhirnya ke Moskow.

Pertama, Rusia menyakitkan koleganya tersebut bahwa sistem rudal S-300 berada di bawah kontrol Rusia dan tidak diserahkan kepada militer Suriah.

Kedua, Rusia dan Israel sepakat untuk membentuk koalisi dengan tujuan mengusir kekuatan asing dari Suriah. Dan ketiga, Israel memperoleh kebebasannya untuk melakukan apapun di Suriah.

Surat kabar Israel, Maariv, menjelaskan, poin pertama berarti bahwa sistem rudal Rusia yang berada di utara Suriah sepenuhnya dikontrol oleh Rusia. Sistem rudal anti-pesawat tersebut tidak mampu diaktikan secara sepihak oleh Suriah.

Pengamat politk Israel, Tal Lev Ram, mengatakan bahwa dari kaca mata Israel, maksud dari poin kekuatan asing di Suriah adalah pasukan Iran. Namun bagian tersebut masih ambigu bagi Rusia.

Tal Lev juga mengatakan bahwa kesepakatan tersebut tidak akan memberikan pengaruh besar bagi Israel ataupun tidak penting. Karena Rusia selalu bekerja untuk kepentingan pribadi. Pasalnya, pantauan militer Israel, menunjukkan bahwa Rusia tidak melakukan tekanan apapun terhadap pasukan Iran di Suriah.

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, hari ini (Selasa, 26/02/2019), terbang ke Rusia untuk bertemu Presiden Rusia, Vladimir Putin. Kunjungan tersebut kabarnya berlangsung selama dua hari.

Media Israel melaporkan Netanyahu akan membahas ancaman pasukan Iran terhadap Israel. Serta mempertanyakan kebijakan bantuan senjata Moskow untuk Suriah, berupa sistem rudal S-300.

Pertemuan Putin dan Netanyahu, menandakan berakhirnya ketegangan antara kedua negara tersebut. Pada Desember 2018 lalu, militer Israel menembak jatuh sebuah pesawat pengintai Rusia yang menewaskan 15 militer Rusia.

(T.HN/S: PNN.PS)

leave a reply
Posting terakhir