Warga Yordania gelar aksi solidaritas untuk Masjid Al-Aqsa

Di Gelar di berbagai provinsi di Yordania, para demonstan meneriakkan slogan “Dengan jiwa dan darah kami, kami siap berkorban demi Al-Aqsa.”

BY 4adminEdited Sat,16 Mar 2019,11:30 AM

Irbid, SPNA - Ratusan orang berdemonstrasi pada hari Jumat (15/03/2019) di provinsi utara Irbid, Yordania, guna menunjukkan solidaritas terhadap Palestina di tengah berlanjutnya pelanggaran Israel terhadap Masjid Al-Aqsa, Anadolu Agency melaporkan.

Dimotori oleh Gerakan Islam Yordania, bersama dengan partai-partai politik dan serikat profesional, para peserta aksi berangkat setelah shalat Jumat dari pusat kota Masjid Hashimi Irbid.

"Dengan jiwa dan darah kami, kami siap berkorban demi Al-Aqsa," teriak para pengunjuk rasa. "Yordania dan Palestina memiliki kitab suci dan agama yang sama."

Pawai dan demonstrasi serupa juga dilaporkan digelar di provinsi lainnya di Yordania pada hari Jumat.

Ketegangan meningkat di Yerusalem Timur yang diduduki sejak bulan lalu, ketika polisi Israel menyegel gerbang Gerbang Al-Rahma, Masjid Al-Aqsa. Tindakan Israel ini memicu demonstrasi kemarahan warga Palestina setempat.

Dalam beberapa pekan sejak itu, pihak berwenang Israel telah melarang sejumlah warga Palestina - termasuk pejabat agama - untuk memasuki kompleks masjid, yang bagi umat Islam adalah situs paling suci ketiga di dunia.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Al-Aqsa berada, selama Perang Arab-Israel 1967. Setelah itu, Israel menganeksasi seluruh kota pada tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir