Menolak dipindahkan, tahanan Palestina bakar sepuluh sel di penjara Israel

Para tahanan Palestina membakar sejumlah sel di penjara Israel. Aksi tersebut merupakan bentuk protes dari para tahanan yang ingin dipindahkan ke ruangan yang telah dipasang jammer jaringan seluler. Perangkat tersebut disebutkan berbahaya untuk keselamatan para tahanan.

BY 4adminEdited Tue,19 Mar 2019,09:57 AM

Tel Aviv, SPNA - Media Israel melaporkan, tahanan Palestina, Senin sore (18/03/2019), membakar beberapa sel yang ada di penjara Raymon.

Situs berita Israel, 0404, menyebutkan pihak penjara telah memanggil pemadam kebakaran untuk menangani api yang menyala akibat kebakaran yang dilakukan oleh tahanan Hamas dan Jihad Islami. Namun demikian tidak ada kerugian berarti dari kebakaran tersebut.

Surat Kabar Yedioth Ahronoth menyebutkan kemarahan para tahanan Palestina dipicu oleh pemasangan alat penghalang sinyal selulur. Perangkat itu disebutkan dapat memberikan dampak buruk terhadap kesehatan para tahanan, dan dapat menyebabkan kanker. Para tahanan disebutkan telah membakar sepuluh sel.

Komite Perlidungan Tahanan Palestina membenarkan berita kebakaran tersebut. Bentrokan antara tahanan dan militer Israel terjadi akibat penolakan para tahanan untuk dipindahkan ke ruangan yang telah dipasang perangkat jammer jaringan seluler.

Faris Al-Qaddurah, Ketua Komite, kepada kantor berita Almayadeen mengatakan pemindahan para tahanan tersebut dilakukan secara paksa. Ia mengungkapkan kekhawatirannya terhadap keselamatan para tahanan di penjara Israel.

Juru bicara Hamas, Hazim Qasim, mengatakan Israel kembali lakukan kesalahan mereka terhadap tahanan yang bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

(T.HN/S: Palsawa)

leave a reply