Eksekusi Ahmed Manasra, upaya Israel gagalkan maraton tahunan Palestina

Eksekusi di luar hukum terhadap pemuda Palestina, Ahmed Manasra pada Rabu malam dimaksudkan untuk menggagalkan maraton tahunan Palestina yang akan diadakan di Betlehem pada hari Jumat.

BY 4adminEdited Fri,22 Mar 2019,11:13 AM

PNN - Bethlehem

Bethlehem, SPNA - Sumber resmi Palestina pada hari Kamis (21/03/2019) mengatakan bahwa eksekusi di luar hukum terhadap pemuda Palestina, Ahmed Manasra pada Rabu malam dimaksudkan untuk menggagalkan maraton tahunan Palestina yang akan diadakan di Betlehem pada hari Jumat.

Maraton tahunan, yang telah berlangsung selama tujuh tahun berturut-turut, mencapai rekor 8.000 peserta lokal dan internasional. Gelaran ini bertujuan untuk mengekspos kebijakan apartheid Israel, termasuk pembatasan pergerakan, perampasan tanah, dan dinding apartheid Israel yang membagi tanah Palestina.

Maraton ini memperbolehkan peserta dari negara lain untuk terlibat. Para pelari harus melakukan lintasan 11 kilometer untuk menyelesaikan maraton penuh (42 Kilometer) karena jalan-jalan Palestina dibatasi oleh pos-pos pemeriksaan militer Israel.

Sebuah sumber resmi di provinsi Betlehem, yang memilih untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada PNN dalam sebuah wawancara telepon bahwa rencana maraton masih berjalan. Mereka bekerja untuk memastikan perhelatan ini sukses besar untuk menyampaikan pesan kehidupan dan kebebasan, termasuk kemartiran Ahmad Manasra.

Sumber itu membantah terkait  rumor mengenai pembatalan acara tersebut, dan mengatakan itu adalah upaya Israel untuk mengagalkan sebab ini berkontribusi dalam mengungkap realitas negara pendudukan dan rasisme itu.

(T.RA/S: PNN)

leave a reply
Posting terakhir

Warga Palestina Gagalkan Upaya Warga Yahudi untuk Menggali Artefak Sejarah di Nablus

Para pemukim yahudi menggunakan arkeologi sebagai sarana untuk mengarang masa lalu "Israel-Yahudi Ibrani", yang membenarkan hak mereka untuk hidup sebagai negara. Ilmu tersebut yang diselewengkan untuk tujuan politik, dan menjadi senjata siluman mereka untuk memiliki tanah Palestina; membuat para pemukim yahudi seolah memiliki hak atas tanah Palestina melalui konflik di masa lalu, sehingga dapat menguasai seluruh tanah di masa kini dan masa mendatang.