Israel minta warga Gaza hentikan demonstrasi sebagai syarat pembebasan blokade

Delagasi Mesir yang bertindak sebagai mediator perdamaian Gaza-Israel membawa pesan Israel kepada pejuang Palestina di Gaza. Israel meminta warga Gaza menghentikan unjuk rasa di perbatasan.

BY 4adminEdited Thu,28 Mar 2019,03:31 PM

Nazareth, SPNA - Situs berita Israel, Ynet, melaporkan melalui delegasi Mesir Israel mengirimkan pesan penting kepada pejuang Palestina. Israel berjanji akan sedikit membuka blokade mereka jika warga Gaza menghentikan demonstrasi di perbatasan Gaza-Israel.

Jika permintaan itu dipenuhi, Israel akan membuka gerbang Kerem Shalom, yang dapat dimanfaatkan pemerintah Gaza untuk mengimpor berbagai keperluan dari luar. Israel juga akan memberi izin bagi PBB untuk menjalankan proyek pengadaan lapangan kerja bagi 40 ribu warga Gaza.

Tawaran Israel lainnya adalah membuka blokade laut dan memberikan kesempatan berlayar hingga pada jarak 12 mil dari tepi pantai. Serta mensuplai aliran listrik dari Israel ke Gaza, ditambah dengan kemudahan-kemudahan lainnya, seperti izin untuk  memasok barang-barang yang sebeumnya dilarang masuk ke Gaza.

Harga terhadap tawaran tersebut, Israel meminta pihak Gaza untuk menghentikan unjuk rasa perbatasan. Termasuk unjuk rasa malam atau Irbak Al-Lail dan demonstrasi laut.

Situs Ynet menyebutkan bahwa pejuang Gaza telah menyetujui beberapa poin yang diinginkan Israel. Delagasi Mesir tersebut, diberitakan akan kembali ke Israel pada hari ini (Kamis, 28/03), untuk menyampaikan persetujuan itu.

Warga Gaza disebutkan sedang mempersipakan demonstrasi besar-besaran pada hari Sabtu mendatang (30/03). Aksi tersebut dalam rangka memperingati hari bumi dan setahun berlangsungnya demonstrasi The Great March of Return di Gaza.

Beberapa waktu sebelumnya, media lokal Palestina melaporkan bahwa warga Palestina akan melakuan mogok massal pada hari Sabtu, baik di Gaza maupun di Tepi Barat. Unjuk rasa tersebut diprediksi akan diikuti oleh puluhan ribu warga Palestina.

Untuk mengantisipasi gelombang unjuk rasa tersebut, militer Israel telah memanggil pasukan mereka dalam jumlah besar untuk menjaga perbatasan.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir