Titah Sekjen PBB di forum KTT Arab di Tunisia

Sekjen PBB, Antonio Guterres, mengatakan satu satunya inisitif untuk menghentikan konflik Palestina-Israel adalah dengan melaksanakan Solusi Dua Negera. Terkait Suriah, Ia mengajak semua pihak untuk menghormati batas kedaulatan masing-masing negara.

BY 4adminEdited Mon,01 Apr 2019,02:37 PM

Tunis, SPNA - Dalam pidatonya di Forum KTT Liga Arab di Tunisia, Minggu (31/04), Sekjen PBB, Antonio Guterres, menyebutkan bahwa ‘Solusi Dua Negara’ merupakan satu-satunya inisiatif agar Palestina dan Israel dapat hidup dengan tenang. Ia juga menyebutkan bahwa Yerusalem harus menjadi ibu kota bagi kedua negara tersebut.

“Tidak ada langkah alternatif selain Solusi Dua Negara.” Kata Guterres.

Solusi Dua Negara adalah kesepakatan untuk hidup bersama dengan batas wilayah yang telah disepakati dalam Keputusan DK PBB nomor 242, pasca perang tahun 1967.

Kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel terhadap warga Palestina di Gaza merupakan sebuah insiden tragis. Sekjen PBB mengucapkan terima kasih kepada Liga Arab yang telah mendukung program bantuan PBB untuk para pengungsi Palestina melalui UNRWA.

Sedangkan terkait Suriah, Guterres meyakini, usaha apapun untuk menyelesaikan konflik di negara Syam tersebut harus menjamin kedaulatan dan menjaga wilayah mereka dari pencaplokan. Salah satu wilayah yang dimaksud adalah Dataran Tinggi Golan, yang oleh Amerika telah diserahkan kedaulatannya kepada Israel.

Konferensi yang berlangsung di ibu kota Tunis tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dari pemimpin negara Arab. Di antaranya Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, Amir Kuwait Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Irak Barham Salih serta Presiden Lebanon Michel Aoun.

Pertemuan pemimpin negara Arab itu bertujuan membahas sejumah isu penting. Seperti permasalahan Palestina, konflik Yaman, Suriah dan Libia. Termasuk pengakuan Donald Trump terhadap kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan.

Sebelum KTT tersebut berlangsung, para menteri dari negara tersebut telah mengadakan rapat pembukaan. Hasilnya mereka sepakat untuk mendukung Suriah atas kepemikan Golan dan menolak campur tangan Iran dalam kasus ini.

(T.HN/S:  News.Un)

leave a reply
Posting terakhir

KTT Tunisia serukan negara Arab bersatu dan dukung penuh Palestina

Pemimpin Negara Arab dalam KTT tersebut menolak menjadikan batas negara sebagai harga perdamaian seperti yang dilakukan AS terhadap Golan. Selain itu mereka juga menentang intervensi Iran terhadap urusan dalam negeri di Negara Arab. Mereka menegaskan bahwa kebijakan Iran.